Fokus pada Inovasi untuk 3PL Global

By Pandu Saputra - MSBKdWxpLCAyMDIx

Fokus pada Inovasi untuk 3PL Global

Menurut sebuah studi penelitian Gartner baru, banyak masalah yang mengganggu kapasitas layanan logistik dan penyedia logistik pihak ketiga (3PL) untuk mencapai tujuan mereka dengan benar.

COVID-19 juga berdampak negatif pada kapasitas untuk bergerak, biaya pengiriman, dan sumber daya yang tersedia untuk pengirim. Menurut analis, para pemimpin manajemen rantai pasokan mengandalkan penyedia logistik pihak ketiga untuk membantu mengurangi dampak gangguan potensial sambil mengelola perubahan yang sedang berlangsung dalam bisnis logistik.

Menurut laporan Tim Riset Rantai Pasokan Gartner, “Pengirim Perhatikan: 3PL Itu Inovatif dan Inilah Buktinya,” komunitas 3PL global bekerja keras untuk melampaui harapan pelanggan, tetapi yang lebih penting, vendor bekerja lebih cerdas dan memanfaatkan pengetahuan mereka dengan lebih baik, aset, orang, dan teknologi.

Menurut Farrah Salim, Analis Utama Senior di Gartner, “ketika perusahaan berusaha untuk pulih dan tumbuh, manajer rantai pasokan harus mengidentifikasi inovasi 3PL dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja dan ketahanan mereka.”

“Kami melihat banyak 3PL yang berkonsentrasi pada transformasi digital dengan berinvestasi pada solusi menyeluruh dan visibilitas menyeluruh untuk memenuhi permintaan konsumen,” katanya. “Lebih banyak visibilitas dan orkestrasi pada pergerakan barang (baik lokal maupun internasional) telah menjadi tujuan utama bagi banyak pelanggan 3PL sebagai reaksi atas beberapa masalah logistik yang ditimbulkan epidemi bagi pengirim.

Baca juga: Jasa Pengiriman Kargo Indonesia – Rental Truk (2021)

Pentingnya Keberlanjutan

Menurut Salim, “keberlanjutan” juga merupakan tren utama di ruang 3PL, karena beberapa pemain top memiliki program keberlanjutan yang kuat dan sedang mengerjakan inisiatif seperti netralitas karbon, memperkenalkan lebih banyak kendaraan listrik ke dalam armada mereka, dan mendapatkan sertifikasi fasilitas. oleh BREEAM (Building Research Establishment Environmental Assessment Method), sebuah standar internasional.

Namun, ini tidak berarti bahwa penghalang masuk sedang diturunkan di arena pihak ketiga.

“Saya percaya epidemi telah memberikan lebih banyak peluang bagi 3PL yang ada (daripada pendatang baru) untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka di pasar,” kata Salim. “Misalnya, banyak 3PL terkenal yang menyediakan layanan pengiriman barang mengakui peluang untuk memasok kapasitas angkutan udara yang sangat dibutuhkan bagi pelanggan — kapasitas yang sangat terpengaruh oleh larangan terbang banyak pesawat penumpang – dan merespons dengan menciptakan jaringan kargo.”

Di area 3PL, Gartner melihat banyak aktivitas M&A karena perusahaan mencari cara untuk membangun sinergi melalui akuisisi untuk meningkatkan penawaran layanan ujung ke ujung.

Sementara itu, para analis percaya bahwa permintaan untuk hampir semua metode transportasi saat ini sangat tinggi, dan keamanan kapasitas masih menjadi masalah. Akibatnya, 3PL harus tetap fleksibel dan inovatif.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Terdekat: Layanan Kargo 2021

Kesimpulan

Menurut Salim, “salah persepsi yang meluas menggambarkan 3PL sebagai perusahaan yang tidak menempatkan nilai tinggi pada inovasi.” “Ketersediaan selektif solusi pengirim adalah penyebab signifikan untuk gagasan ini.”

Menurut Gartner, 3PL, seperti perusahaan logistik, membuat penilaian mereka sendiri terhadap pelanggan yang mereka lihat memiliki potensi untuk menjadi pelanggan yang strategis atau setara.

Akibatnya, 3PL menjadi lebih selektif dalam klien pengirim mereka, lebih memilih untuk menghabiskan bakat dan pengetahuan terbaik mereka pada pengirim yang menghargai layanan dan hubungan mereka dan siap membayar harga yang wajar untuk layanan mereka.

Baca juga: Aplikasi Pengiriman Barang Online – Ongkir Murah 2021