Efisiensi Gudang Logistik: Melihat ke Dalam Sisi Positifnya

By Dudek Muljana - MTUgSnVuaSwgMjAyMQ==

Efisiensi Gudang Logistik

Perkembangan dan kebutuhan akan solusi kreatif merupakan siklus berkelanjutan di semua industri. Persyaratan untuk menjadi efisien dan fleksibel dalam industri logistik merupakan dasar dari sebagian besar operasi logistik, terutama dengan meningkatnya ketergantungan pada e-commerce dalam beberapa tahun terakhir. Harapan pelanggan, baik dalam B2C dan B2B, telah meningkat secara substansial untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, kapan dan kapan mereka membutuhkannya, sebagai akibat dari pergeseran permintaan konsumen dan perilaku pembelian. Sebagai akibat dari pandemi, perusahaan harus memikirkan kembali strategi bisnis mereka dan bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana kita bisa menjadi lebih produktif dan kompetitif ketika dunia kembali ke normal baru?”

Peluang bagi perusahaan untuk membangun operasi logistik 24/7 yang sangat efisien dan menguntungkan telah dibuka karena peningkatan baterai lithium-ion untuk peralatan penanganan material. Alexander Baal, Direktur Operasi Penjualan, Jungheinrich UK, membahas keuntungan menggunakan armada penanganan material lithium-ion untuk meningkatkan produktivitas dan memenuhi permintaan pelanggan.

Permintaan Konstan Sepanjang Waktu

Teknologi baterai adalah sektor yang terus berkembang yang harus diterapkan di seluruh rantai pasokan logistik untuk meningkatkan kinerja gudang dan kemampuan beradaptasi. Untuk memanfaatkan secara efektif manfaat dari peningkatan permintaan konsumen dan kebutuhan untuk berfungsi dalam lebih banyak situasi 24 jam sehari, perlu untuk menjamin bahwa teknologi baterai yang ada ditujukan untuk operasi 24 jam. Selain itu, teknologi baterai telah lama menjadi subjek penelitian dan pengembangan untuk menilai keamanan dan efisiensi energinya. Teknologi baterai meningkat pesat karena pelanggan dan bisnis sama-sama menjadi lebih peduli tentang keberlanjutan, dengan vendor memperluas upaya mereka untuk memproduksi baterai lithium-ion yang lebih cerdas.

Dibandingkan dengan umur rata-rata baterai timbal-asam, baterai lithium-ion memiliki harapan hidup yang jauh lebih lama dari ribuan siklus penuh dan jumlah siklus parsial yang jauh lebih besar. Demikian pula, memungkinkan operasi untuk memanfaatkan peluang pengisian selama interval terjadwal pendek memungkinkan operator untuk beroperasi sepanjang waktu, yang sangat penting di pasar saat ini.

Apakah Kita Akan Membutuhkan Baterai yang Lebih Besar?

Kesalahan umum yang dibuat oleh bisnis adalah percaya bahwa baterai yang lebih besar akan membuat alur kerja mereka lebih lancar. Bisnis bekerja lebih lama dan lebih keras dari sebelumnya, oleh karena itu penting untuk dapat menggunakan kendaraan untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa mengorbankan penggantian baterai, lebar lorong, atau masa pakai baterai.

Perusahaan dapat memperpanjang masa pakai baterai tua berkat kemajuan signifikan dalam pengisian peluang, meminimalkan kebutuhan untuk mengganti baterai, dan menjaga operasi Anda tetap berjalan pada kapasitas puncak. Dan Anda dapat bekerja di dalam lebar lorong tersempit tidak peduli berapa lama truk tersebut bekerja.

Dibandingkan dengan situasi kendaraan bertenaga baterai lainnya, gudang atau lingkungan logistik tidak biasa. Produsen kendaraan listrik terus berusaha menuju baterai dengan kepadatan lebih tinggi dan lebih ringan dengan jangkauan terpanjang dan waktu pengisian tercepat. Batasan yang sama tidak ada di gudang untuk Peralatan Penanganan Material karena pengisi daya hampir selalu dekat dan pengisian dapat dilakukan secara teratur saat truk tidak bergerak untuk waktu yang singkat. Akibatnya, baterai lithium-ion memungkinkan bisnis mendapatkan hasil maksimal dari peralatan mereka, menciptakan rantai pasokan yang lebih efisien, dan menghemat ruang penting di fasilitas mereka.

Baterai Lithium vs. Timbal-Asam

Baterai timbal-asam telah lama menjadi pilihan berbiaya rendah dan dapat diandalkan, tetapi mereka memiliki rasio energi-ke-volume dan energi-ke-berat terendah dari semua opsi baterai. Ini membuatnya sempurna untuk forklift, di mana ukuran dan berat sangat penting untuk desain dan stabilitas truk.

Baterai lithium-ion berada di ekstrem lain dari spektrum kepadatan energi daripada baterai timbal-asam. Mereka memiliki rasio energi terhadap volume dan energi terhadap berat tertinggi, yang berarti mereka dapat dikemas ke dalam ruang yang lebih kecil untuk memungkinkan desain truk lembaran bersih, dan kemudian penyeimbang pendukung dapat diposisikan lebih rendah untuk meningkatkan stabilitas.

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak solusi energi sekarang tersedia, masih belum ada solusi daya satu ukuran untuk semua karena kompleksitas aplikasi unik akan selalu bervariasi. Meskipun demikian, solusi energi timbal-asam memiliki peran dalam sektor penanganan material untuk aplikasi tertentu, sama seperti solusi lithium-ion yang memiliki tempat di tempat lain. Dengan menghilangkan waktu henti, meningkatkan produktivitas manufaktur, dan mempertahankan tingkat kualitas tertinggi, lithium-solution ion secara signifikan lebih fleksibel dan tahan lama untuk pengguna aktif.

Kesimpulan

Ketika kendaraan digunakan dalam operasi multi-shift atau intensif, baterai lithium-ion menjadi pilihan yang unggul karena tidak memerlukan penggantian baterai. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa baterai lithium-ion adalah satu-satunya yang dapat mengisi ulang lebih cepat daripada yang dapat mereka habiskan. Faktanya, setiap jeda lebih dari 10 menit dapat diidentifikasi sebagai peluang pengisian daya potensial, dengan pengisian ulang hingga 50% dapat dicapai hanya dalam waktu 30 menit. Selanjutnya, dengan bekerja sama dengan klien untuk menetapkan pola shift untuk pola pengisian yang optimal, satu pengisi daya dapat tersedia untuk banyak kendaraan, menghemat waktu, ruang, dan uang.