EcoTruck Mengumpulkan US $ 1,7 Juta Di Pra Series A

By Editor Logisticsbid - TWFyY2ggMiwgMjAyMQ==

EcoTruck, startup logistik B2B yang berbasis di Vietnam, telah mengumpulkan US $ 1,7 juta dalam putaran Pra-Seri A yang dipimpin oleh Access Ventures, FuturePlay, Nextran, Viet Capital Ventures, dan tiga investor malaikat. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan jaringan logistik EcoTruck dan memperluas stafnya. Perusahaan sebelumnya mengumpulkan $ 300.000 dalam putaran benih, sehingga total peti perangnya menjadi sekitar $ 2 juta.

Manajemen yang buruk, infrastruktur dan prosedur yang usang – membutuhkan banyak dokumen manual, pengisian email, dan panggilan telepon untuk dilakukan – dan bahkan korupsi (sogokan antara pekerja rantai pasokan dan vendor logistik) telah mendorong biaya operasi dan pengiriman yang tidak perlu dalam logistik Vietnam industri.

Sekitar 3.000 perusahaan logistik menjalankan 100.000 truk kontainer di Vietnam, membawa lebih dari 12 juta TEU (kontainer 20 kaki). Dua hub melayani truk-truk ini: satu di Kota Ho Chi Minh dan yang lainnya di Hai Phong. Meskipun tidak ada kekurangan truk logistik di wilayah tersebut, karena ketidakefisienan, pedagang terkadang harus menyisihkan 25% dari pendapatannya untuk menutupi biaya logistik, menurut Le. Vendor menghadapi musim yang tinggi dan fluktuasi volume, yang mengakibatkan penggunaan modal mereka kurang.

Untuk mengatasi masalah ini, Le membuat kerangka kerja terpusat yang menggunakan kecerdasan data dan model ekonomi bersama untuk mengurangi biaya dan merampingkan operasi. Semua yang harus dilakukan pedagang adalah membuat akun EcoTruck dan memesan, dan tim layanan pelanggan dapat menangani sisanya, termasuk menghubungi pemasok, memantau pengiriman, menangani bea cukai, dan bongkar muat. Dengan bantuan data GPS, EcoTruck akan secara otomatis memberi tahu pedagang tentang status pengiriman secara real-time.

Biaya logistik sebagai faktor penentu bisnis

Alat akuntansi EcoTruck akan menggabungkan biaya logistik dan catatan yang sesuai dari berbagai pemasok dan memberikannya kepada pedagang setelah pesanan selesai. EcoTruck secara efektif bertindak sebagai perantara bagi pengecer dan penyedia logistik. Mereka akan merekomendasikan vendor terbaik untuk mengirimkan pengiriman pedagang berdasarkan wawasan data mereka. Platform EcoTruck, menurut Le, juga dapat menentukan jalur distribusi yang paling efisien. FriarTuck, sebuah perusahaan pengoptimalan tenaga kerja, telah mengumpulkan dana sebesar US $ 3,6 juta dari Philips, menurut Enterprise Singapore.

Pedagang juga dapat memilih vendor logistik favorit mereka berdasarkan kebutuhan mereka sendiri yang bersaing untuk pekerjaan mereka. Tim layanan pelanggan EcoTruck juga akan memberikan bantuan sepanjang waktu kepada para pedagang. EcoTruck membantu operator logistik memaksimalkan muatan truk mereka, meningkatkan pendapatan; sementara pengecer dapat menghemat waktu untuk mengelola prosedur pengiriman yang sebelumnya panjang dan rumit, serta biaya transportasi, berkat sistem penawaran langsung EcoTruck.

EcoTruck telah bekerja sama dengan lebih dari 90 mitra logistik di Vietnam hingga saat ini. Vendor ini bersama-sama mengoperasikan 500 truk kontainer di Kota Ho Chi Min dan 200 truk kontainer di Hai Phong. Mereka beroperasi di lebih dari 200 rute dan dapat mengangkut lebih dari 1.000 kontainer sehari. Selain itu, perseroan telah menjalin aliansi dengan perusahaan asuransi dan bank untuk mengasuransikan truk vendor logistik dan menyediakan pendanaan untuk pembayaran merchant. EcoTruck memiliki lebih dari 80 pedagang yang menggunakan platform mereka setiap hari, menurut Le. Pupuk, karet, buah dan sayuran beku, produk bioproduk, dan bahkan kargo yang lebih rapuh dan berbahaya seperti bahan peledak, semuanya diangkut oleh perusahaan-perusahaan ini.

Pemain logistik selain EcoTruck mulai menyusul

Selama bulan Agustus 2018, kami menyelesaikan lebih dari 820 pesanan. Bulan lalu, perusahaan memiliki GMV truk sebesar $ 130.000 dan pendapatan truk sebesar $ 6.500. Layanan lain, seperti bea cukai dan pemesanan barang, menghasilkan tambahan US $ 2.500. Meskipun solusi EcoTruck tampaknya cocok untuk ekonomi Vietnam, ada sejumlah pesaing yang bersaing untuk mendapatkan bagian dari kue teknologi logistik revolusioner. LOGIVAN adalah salah satunya, yang mengumpulkan $ 2,35 juta dari investor seperti Ethos Partners, Insignia Ventures Partners, dan VinaCapital Ventures di Vietnam. Itu juga memiliki kontrol truk dan sistem pemantauan. Ia juga ingin memperluas layanan logistiknya di Kota Ho Chi Minh, Hanoi, Hai Phong, dan Da Nang, menurut laporan.

Namun, kedua bisnis tersebut masih dalam tahap awal sebagai penyedia layanan, yang bekerja di industri yang dilanda banyak masalah. Mungkin perlu waktu sebelum mereka mencapai jumlah pengguna yang kritis dan mulai memperjuangkan wilayah, tetapi ada banyak ruang untuk persaingan saat ini. Selain Laos, Kamboja, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Australia, EcoTruck telah menargetkan ke Laos, Kamboja, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Australia. Namun, menurut Le, ekspansi pasar hanya akan terjadi setelah EcoTruck menyelesaikan putaran Seri A.