Your browser does not support JavaScript!

Drone Menjembatani Kesenjangan Distribusi Vaksin

By Pandu Saputra - April 03, 2021


Tugas untuk memastikan pemberian yang setara dari vaksin virus corona adalah tugas global, dan Miami berfungsi sebagai latar belakang perpecahan sosial dan ekonomi yang harus dijembatani oleh komunitas medis.

Kota yang bermandikan sinar matahari di ujung selatan Florida ini juga berfungsi sebagai pintu gerbang kargo udara terbesar ke Haiti, Nikaragua, dan negara-negara tertekan lainnya di Karibia dan Amerika Latin. Hal ini menempatkan Bandara Internasional Miami, salah satu pusat pengiriman tersibuk di negara itu dan salah satu dari sedikit yang terakreditasi untuk menangani obat-obatan, pada titik kritis dalam upaya memberikan vaksin kepada publik secepat mungkin di Amerika Serikat dan tetangga selatannya yang miskin.

Pengiriman Drone di Daerah Terpencil Dapat Membantu Inisiatif Ini

Vaksin telah diberikan kepada orang tua, profesional perawatan kesehatan, dan penanggap pertama di Eropa dan Amerika Serikat sebelum didistribusikan ke masyarakat umum. Perlombaan estafet logistik antara pembuat obat, kurir FedEx Corp dan UPS Inc., pengangkut barang, dan perusahaan angkutan truk dimulai pada bulan Desember dan diperkirakan akan berlangsung selama beberapa bulan.

Imunisasi tersedia di Miami di sejumlah situs, termasuk rumah sakit terbesar di kota itu, Jackson Memorial. Meskipun ini adalah kabar baik bagi penduduk setempat, pejabat bandara meningkatkan keprihatinan yang lebih luas tentang posisi mereka sebagai operator pintu putar kargo udara internasional tersibuk di negara itu.

Mereka perlu mendapatkan vaksin ke daerah-daerah seperti Bahama, yang merupakan kepulauan dengan pulau-pulau yang jarang dihuni yang dimulai 50 mil di lepas pantai Florida dan mencakup lautan seluas 100.000 mil persegi.

Tantangan Distribusi

“Ini akan memakan waktu lama,” kata narator. “Ini tidak akan mudah,” kata Emir Pineda, manajer perdagangan penerbangan dan logistik bandara. “Vaksinasi kemungkinan besar akan menguntungkan daerah yang lebih padat penduduknya, kota-kota besar, terlebih dahulu. Ini akan menjadi lebih menantang saat kami memperluas ke lokasi yang lebih terpencil. ”

“Bagaimana caramu mencapai salah satu pulau kecil itu?” dia melanjutkan. Ini akan menjadi tugas yang menantang.”

Hanya sebagian dari masalahnya adalah kendaraan distribusi. Es kering disertakan dalam pengiriman Pfizer-BioNTech, tetapi lebih banyak lagi yang dibutuhkan untuk menghindari pembusukan pada tahap akhir perjalanan panjang. Namun, karena Florida kekurangan pembuat es kering, pasokan akan diangkut dengan truk dari Georgia, menurut Pineda. Bukan masalah besar jika mereka tahu berapa banyak yang mereka butuhkan dan kapan mereka membutuhkannya.

“Anda memiliki banyak permintaan, dan fakta bahwa Anda tidak tahu adalah bagian dari masalah,” kata Pineda.

Bandara di Miami memiliki 395.000 kaki persegi ruang berpendingin, 27.000 di antaranya dikhususkan untuk obat-obatan, menurut pejabat. Mereka memeriksa landasan untuk mengantisipasi piagam vaksin yang membutuhkan tempat parkir. Mereka menyisihkan ruang untuk parkir truk dan memetakan pola lalu lintas untuk meminimalkan kemacetan lalu lintas untuk muatan dengan umur simpan terbatas.

Alih-alih menjadi pembeli utama vaksin, Amerika Serikat pada akhirnya akan menjadi eksportir netto mereka. Sementara itu, banyak pengiriman yang datang dari Eropa dan Asia akan melewati Miami dalam perjalanan ke Brasil atau Jamaika, tempat gudang distribusi sedang disiapkan.

Pineda percaya bahwa pesawat kendali jarak jauh, yang telah terbukti efektif dalam mengangkut obat ke daerah yang sulit dijangkau di Afrika dan Kanada, dapat menjadi solusi untuk daerah yang lebih sulit di sudut.

“Drone itu aktual, dan mereka datang dalam berbagai ukuran, kapasitas, dan jangkauan,” katanya. “Ini bukan satu-satunya pilihan untuk distribusi skala besar, tapi mungkin senjata yang berguna dalam gudang rantai pasokan.”