Your browser does not support JavaScript!

Dalam Perang Driver, Operator Pribadi Bersaing Ketat dengan Sewaan

By Pandu Saputra - August 27, 2021

Dalam Perang Driver Operator Pribadi Bersaing Ketat dengan Sewaan

Armada swasta dulunya memiliki keunggulan tersendiri dalam pertempuran tanpa akhir untuk mempekerjakan pengemudi truk yang memenuhi syarat dan memasok mereka dengan peralatan yang mereka butuhkan untuk mengangkut komoditas Amerika. Pengirim dengan armada internal mereka sendiri sering kali dapat memberikan kompensasi yang lebih besar kepada pengemudi, rute yang lebih baik, lingkungan kerja yang lebih stabil, dan kendaraan model terbaru yang andal.

Menurut manajer armada dan spesialis industri, gangguan yang dihasilkan oleh epidemi COVID-19, serta perubahan yang didorongnya dalam perekonomian, telah membalikkan keuntungan itu.

Karena meningkatnya permintaan pengiriman dan memburuknya kelangkaan tenaga kerja di industri ini, armada swasta harus bekerja lebih keras untuk merekrut dan mempertahankan setiap pengemudi. Mereka menaikkan upah sebagai reaksi terhadap gelombang kenaikan gaji di operator mobil sewaan utama. Selain itu, karena pembatasan rantai pasokan di pabrikan truk, armada swasta juga harus menunggu lebih lama untuk menerima peralatan baru.

Masalah-masalah ini bukanlah hal baru, tetapi epidemi telah memperparahnya, menurut Jim VonAchen, direktur bantuan transportasi untuk McLane Co., distributor bahan makanan utama dan barang kemasan yang berbasis di Temple, Texas.

McLane berada di peringkat No. 8 pada daftar Top 100 Topik Transportasi dari operator swasta terbesar di Amerika Utara.

Menurut Brian Johnston, direktur senior transportasi di Core-Mark International, “ada lebih banyak persaingan di setiap bagian pasar pengangkutan dan transportasi.” Perusahaan ini merupakan pemasok utama makanan segar, makanan ringan, dan produk tembakau ke pasar toko serba ada.

“Pengangkutan umum berusaha untuk menarik pengemudi dari armada pribadi bahkan lebih agresif, dan mereka melakukannya dengan uang,” kata Michael Zimmerman, mitra di perusahaan konsultan Kearney.

Dia percaya bahwa daya saing di masa depan akan diperburuk oleh sejumlah variabel. Pengemudi truk mulai pensiun. Pengemudi sedang diburu oleh sektor lain. The Drug and Alcohol Clearinghouse dari Federal Motor Carrier Safety Administration mempersulit pengemudi yang disebutkan untuk beralih operator.

Bersamaan dengan itu, operator sewaan berusaha memperbaiki kondisi kerja dengan menggunakan strategi yang sama seperti armada pribadi, seperti membeli peralatan yang lebih baik dan menetapkan rute yang memungkinkan lebih banyak waktu pulang.

“Di masa depan, keuntungan relatif dari kapal pribadi mungkin berkurang,” kata Zimmerman.

Salah satu kekhawatiran, menurut Core-Johnston, Mark adalah bahwa pandemi dan perubahan bentuk ekonomi AS berdampak pada hampir setiap bagian dari rantai pasokan.

Core-experience Mark’s dengan kebutuhan toko serba ada, misalnya, mencontohkan banyak tantangan.

“Beberapa hal, seperti dendeng, kita tidak bisa memasukkannya ke dalam sistem,” tambah Johnston.

Pemasok kesulitan mendapatkan bahan baku dan tenaga kerja untuk memproduksi barang tersebut. Ada kelangkaan kemasan. Kemudian, karena kekurangan kendaraan dan pengemudi, pengiriman ke jaringan distribusi Core-Mark terhambat.

Begitu dendeng mencapai pusat distribusi Core-Mark, ia menghadapi serangkaian tantangan baru dalam membawanya ke pengecer.

“Saat ini, saya dapat mempekerjakan lebih dari 500 pengemudi,” tambah Johnston. “Hari ini, saya memiliki 300 pengemudi yang bekerja untuk saya. Untuk menghadapi masa pensiun, saya membutuhkan lebih dari itu.”

Lalu ada masalah mendapatkan truk baru. Core-Mark lebih suka menggunakan peralatan paling mutakhir dan jarang menyimpan truk lebih dari tujuh tahun. Truk baru, di sisi lain, dalam permintaan tinggi dan pasokan rendah. Pesanan sedang ditahan.

“Kami harus berpegangan pada trailer dan traktor lebih lama tahun ini daripada yang kami miliki di masa lalu,” tambah Johnston.

Pemindai produk, yang digunakan pengemudi untuk mendokumentasikan pengiriman, memproses kredit konsumen, dan melacak jam layanan mereka, juga dalam persediaan terbatas, katanya.

Core-Mark mengatasi masalah ini dalam beberapa cara.

“Kami menjadi lebih imajinatif dalam menanggapi apa yang diinginkan tenaga kerja saat ini,” tambah Johnston.

Jadwal kerja yang lebih fleksibel, termasuk shift yang lebih pendek, dimasukkan ke dalam proses perusahaan. Pengemudi dapat memilih antara empat, lima, atau enam hari kerja dalam seminggu.

“Potensi seorang sopir pengiriman bisa menghasilkan banyak uang,” ujarnya.

Core-Mark juga menjangkau lebih banyak orang melalui agen pekerjaan, agen sementara, sekolah, kantor Administrasi Veteran, dan bahkan YMCA lokal. Untuk pertama kalinya di beberapa wilayah, kata Johnston, distributor telah meluncurkan sejumlah kampanye iklan komunitas berbahasa Spanyol untuk pekerja.

Menurut Barry Taft, kepala rekrutmen sementara perusahaan, ia memiliki program “Warrior to Wheels” yang menargetkan veteran militer dengan apa yang disebut perusahaan sebagai model pelatihan “dapatkan sambil belajar” yang menggabungkan keahlian pelatihan militer mereka.

Bagi mereka yang memiliki SIM komersial tetapi sedikit atau tanpa pengalaman, McLane menawarkan program pelatihan pengemudi truk penuh waktu.

Ini juga menawarkan program magang untuk pekerja gudang yang ingin beralih ke pekerjaan mengemudi.

Baca juga: Cek Ongkir Cargo Pengiriman Barang Tercepat

Gaji Pengemudi Naik

Mayoritas armada swasta menaikkan upah untuk bersaing mendapatkan pengemudi.

Di beberapa lokasi, raksasa ritel Walmart menawarkan bonus masuk $8.000. Menurut Joe Metzger, wakil presiden eksekutif operasi rantai pasokan untuk Walmart A.S., pengemudi menerima setengah dari gaji mereka setelah menyelesaikan on-boarding dan memenuhi syarat untuk mengemudi. Setelah enam bulan, saldo akan jatuh tempo.

Menurut Metzger, pengemudi Walmart sekarang dapat menghasilkan hingga $87.500 di tahun pertama mereka dan memiliki akses ke fasilitas perusahaan sejak hari pertama.

Dia berkata, “Kami juga memberikan bonus dan penghargaan keamanan triwulanan.” “Pengemudi kami juga memiliki jadwal mingguan yang konstan, sehingga mereka tahu kapan mereka akan pulang dan di jalan, dan tidak ada hari libur.”

Untuk mengikuti perkembangan perusahaan, Walmart telah menambah staf transportasi pribadinya menjadi lebih dari 10.500 pengemudi tahun ini, katanya.

Terlepas dari fokus pada gaji pengemudi, Jane Jazrawy, CEO CarriersEdge, sebuah perusahaan yang berbasis di Ontario, Kanada yang menawarkan solusi pelatihan kepatuhan dan keselamatan untuk armada, percaya bahwa perusahaan harus mempertimbangkan aspek selain gaji untuk mempertahankan dan mempertahankan pengemudi.

“Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, armada swasta membahas apa yang harus dilakukan oleh armada sewaan,” tambah Jazrawy.

Berkurangnya omset adalah salah satu faktornya.

Menurut Johnston, Core-Mark memiliki tingkat pergantian pengemudi sekitar 50% setiap tahun.

Komunikasi adalah aspek penting dalam menjaga staf tetap di kapal, menurut penelitian yang dilakukan oleh CarriersEdge secara teratur.

“Pengemudi ingin didengar, dan mereka ingin tahu bahwa seseorang mendengarkan dan bertindak atas keprihatinan mereka,” tambah Jazrawy. “Hanya saja mereka tidak mau disebut nomor truk.”

Baca juga: Ongkir Cargo Terdekat: Jasa Kirim Barang

Investasi dalam Teknologi

Meskipun mengalami kesulitan, beberapa bisnis mengembangkan armada pribadi mereka untuk mengimbangi ledakan e-commerce yang meningkat selama pandemi.

Costco, misalnya, membayar $1 miliar untuk Innovel Solutions, perusahaan pengiriman dan pemasangan yang melayani jarak menengah dan terakhir. Costco Logistics sekarang menangani barang-barang besar dan besar yang secara tradisional dikirim oleh vendor, seperti furnitur, televisi, dan peralatan olahraga.

Menurut Richard Galanti, wakil presiden eksekutif dan kepala keuangan pengecer, pada panggilan 27 Mei dengan para analis dan investor, langkah itu telah mengurangi waktu pengiriman dari dua minggu menjadi lima menjadi tujuh hari. Dia melanjutkan, perusahaan memiliki banyak ruang untuk ekspansi.

Di TT100 pribadi, Costco berada di peringkat ke-66.

Armada swasta lainnya berusaha untuk meningkatkan operasi mereka dengan memasukkan teknologi.

Halliburton Co., perusahaan jasa ladang minyak No. 4 di TT100 swasta, bekerja sama dengan Vorto untuk menggunakan kecerdasan buatan guna meningkatkan cara mereka membeli dan mengangkut pasir dalam operasinya di AS.

Perangkat lunak Vorto mengoptimalkan ratusan muatan logistik per hari, mengenali dan menyelesaikan kesulitan sebelum muncul. Dalam panggilan konferensi 21 April dengan investor, CEO Halliburton Jeff Miller mengatakan, “Ini sesuai dengan prioritas strategis kami dalam menggunakan teknologi digital untuk menurunkan biaya dalam bisnis kami.”

Halliburton dan armada swasta lainnya sedang menguji berbagai solusi untuk mengatasi masalah seperti kekurangan pengemudi dan emisi gas rumah kaca.

Core-Mark sedang menguji eCascadia Freightliner listrik dengan Penske Truck Leasing. Secara bersamaan, ia telah bekerja sama dengan TuSimple, pengembang kendaraan otonom, untuk memeriksa bagaimana teknologi truk swakemudi dapat beroperasi di jaringan distribusinya.

Sementara itu, Walmart sedang menguji truk boks tanpa pengemudi dengan Gatik, sebuah startup kendaraan otonom.

“Semua orang, mulai dari pengemudi hingga eksekutif, mengevaluasi kembali apa yang mereka lakukan saat ini karena tingginya permintaan pengiriman,” tambah Jazrawy.

Baca juga: Jasa Cargo Pengiriman Barang Murah