5 Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang dan Operasional

By Pandu Saputra - MjYgTWVpLCAyMDIx

Cara Meningkatkan Efisiensi Gudang dan Operasional

Bisnis besar dikelola dengan baik. Semakin baik hasilnya muncul, semakin sedikit usaha dan waktu yang mereka habiskan untuk menyelesaikan tugas. Itu tampaknya menjadi kasus di seluruh papan, termasuk di gudang Anda.

Apakah gudang Anda besar tetapi penuh dengan kotak? Jika ya, operasi Anda mungkin sering tertunda akibat inventaris yang tidak teratur atau penggunaan perangkat lunak yang buruk. Namun, jangan putus asa. Itu masih dapat diubah menjadi gudang yang efisien dan produktif.

Pentingnya Memiliki Gudang Yang Fungsional Dan Efisien

Ada inefisiensi. Ketika Anda pertama kali mendirikan perusahaan Anda, gudang Anda mungkin sudah memadai. Namun, jika bisnis Anda berkembang, kotak dan benda lain dapat digunakan untuk mengisi kekosongan tersebut. Anda mungkin lupa tentang gudang Anda saat berkonsentrasi pada penjualan perusahaan Anda. Fasilitas penyimpanan yang tersedia sebelumnya mungkin akan segera penuh atau penuh, meninggalkan perusahaan Anda dengan banyak potensi yang belum dimanfaatkan untuk ekspansi.

Ketika Anda dapat memanfaatkan ruang sebaik-baiknya, staf Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan mereka lebih cepat dan mencapai lebih banyak dalam sehari. Pada saat yang sama, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menambah ruang atau memindahkan gudang Anda ke lokasi yang lebih besar. Semuanya mungkin jauh lebih sulit!

Yang lain sepertinya mengikuti. Beberapa mulai dengan menata desain lantai mereka dengan benar, menggabungkan tangga industri, memaksimalkan kemungkinan rak, dan menerapkan pengaturan lain yang membuat area mereka berfungsi penuh. Jika Anda dapat berinvestasi dalam hal-hal ini, perusahaan Anda mungkin dapat memberikan layanan berkualitas tinggi.

Tips untuk Meningkatkan Efisiensi Gudang dan Memperlancar Operasional

Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda tanpa harus menghabiskan waktu ekstra untuk itu? Salah satu ambisi paling umum dari setiap pemilik bisnis tampaknya adalah ini. Jika Anda memeriksa operasi Anda, Anda mungkin menemukan masalah yang mencegah Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda meningkatkan efisiensi dan operasi gudang Anda.

Maksimalkan dan Optimalkan Ruang Gudang yang Tersedia

Bagaimana Anda mengoptimalkan ruang yang tersedia mungkin merupakan landasan dari gudang yang dikelola dengan baik. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa gudang yang dibangun dengan baik dianggap dapat mendorong operasi yang efisien dan output yang maksimal. Akan lebih mudah untuk mengambil, mengumpulkan, atau memindahkan semua barang atau barang Anda jika disimpan dengan benar di satu lokasi.

Anda bisa mulai dengan memanfaatkan ruang vertikal. Anda dapat melakukannya dengan menambahkan unit penyimpanan yang lebih tinggi, menempatkan barang-barang vital secara strategis, atau mengubah jenis atau variasi rak yang Anda gunakan. Anda mungkin memerlukan berbagai jenis penyimpanan untuk barang yang berbeda, seperti tempat sampah standar, yang dapat membantu menjaga rak Anda tetap teratur.

Manfaatkan Teknologi Gudang Canggih

Mengatur dan berkomunikasi saat Anda bertanggung jawab atas gudang besar dengan beberapa lokasi mungkin sulit. Namun, dengan menggunakan perangkat lunak manajemen gudang (WMS) yang diperbarui dan canggih, Anda mungkin dapat dengan mudah melacak lokasi stok di tempat dan dalam perjalanan.

Secara bersamaan, saat Anda menggunakan WMS berbasis cloud, Anda mungkin juga mendapatkan analitik gudang waktu nyata, penjadwalan yang telah diprogram sebelumnya, inventaris yang dapat dilacak, dan komunikasi yang efisien. Ini bisa sangat efektif, menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi di antara karyawan perusahaan Anda.

Komunikasi yang Efektif

Di dalam perusahaan Anda, informasi yang ditransfer harus berisi data sebanyak mungkin sambil tetap bebas repot. Dengan kata lain, sistem yang Anda gunakan dan karyawan Anda harus memberikan informasi yang diperlukan untuk setiap pengambilan atau pengiriman barang Anda, tetapi hanya informasi yang cukup untuk memastikan bahwa pesanan dipenuhi dengan benar.

Mengadopsi Manajemen Inventaris Lean

Menggunakan persediaan lean sama pentingnya dengan memproduksi produk. Premis intinya adalah Anda hanya boleh membeli apa yang Anda butuhkan. Saat staf Anda mengatur persediaan Anda atau menyelesaikan tugas, pendekatan ini dapat menghasilkan lebih sedikit produk atau item untuk diverifikasi dan diperiksa.

Selain itu, mungkin saja hal ini akan mengakibatkan persediaan penyangga perusahaan Anda berkurang atau hilang, serta pemasok yang memasok bahan dalam volume yang lebih kecil secara lebih jarang. Jika pengeluaran Anda ditumpuk dengan benar, inventaris lean dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi secara signifikan.

Terapkan Program Pelatihan dan Hadiahi Karyawan Anda

Bahkan jika perusahaan Anda memiliki teknologi mutakhir dan alat analitik, mungkin tidak ada gunanya jika karyawan Anda tidak tahu cara menggunakannya. Buat program pelatihan yang efektif agar semua anggota tim Anda mengetahui semua aspek perangkat lunak yang Anda gunakan.

Anda harus menyertakan insentif dalam program Anda selain memberikan pelatihan mendalam tentang perangkat lunak tersebut kepada personel Anda. Mengingat bahwa setengah dari kru gudang Anda memiliki kendali penuh atas operasi, berikan insentif kepada mereka dengan insentif atau bonus karena melebihi target penjualan. Ini dapat memberi mereka tujuan untuk diperjuangkan. Anda akan meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja karyawan Anda dengan memberi mereka insentif.

Kesimpulan

Terlepas dari bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda, Anda selalu dapat meningkatkan efisiensi operasi gudang Anda. Akan ada tempat-tempat yang membutuhkan perhatian Anda, seperti yang ditunjukkan di atas. Ini memperhitungkan produktivitas personel serta tata letak dan operasi fasilitas. Anda mungkin juga dapat memaksimalkan laba atas investasi pada operasi pendirian Anda jika Anda dapat memeriksa dan meningkatkan bidang-bidang yang menjadi perhatian ini.