Cara Menghidupkan Kembali Last-Mile

By Bayu Hermawan - MjAgTWFyZXQsIDIwMjE=

Cara Menghidupkan Kembali Last-Mile

Bahkan mil terakhir telah menjadi masalah bagi pengecer untuk waktu yang lama. Di sisi lain, pada tahun 2019, 97% dari penggunaan model pengiriman mil terakhir skala penuh tidak berkelanjutan. Meskipun permintaan meningkat dari pelanggan, bisnis mengalami kesulitan menghasilkan keuntungan dan menjaga biaya operasi rendah pada mil terakhir.

Pada saat itu, epidemi keringanan hanya membuat hal-hal lebih rumit. Ketika situasi membaik, pelanggan akan menerima waktu pengiriman yang lebih lama; namun, selama peningkatan permintaan, merek harus mempersingkat waktu tunggu mereka.

Dalam jangka pendek, fokusnya harus tetap pada inovasi ritel dan logistik. dalam waktu dekat, mereka akan melanjutkan pengurangan waktu pengiriman sambil juga mencoba untuk menjaga harga di cek

Kami percaya bahwa teknologi dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengoptimalkan mil terakhir. Apa yang perlu difokuskan oleh pengecer dan penyedia pengiriman adalah solusi mil terakhir.

Otomatisasi Operasional Gudang

karena kenaikan drastis dalam pesanan harian, manajemen merasa sulit untuk mengikuti peningkatan beban kerja. Akibatnya, sebagian besar tenaga kerja diisolasi ke berbagai daerah, dan infeksi menjadi masalah penting. Pergudangan dan penyortiran, yang menyumbang sepertiga dari biaya rantai pasokan, juga memungkinkan pengurangan biaya yang signifikan dan untuk meningkatkan keselamatan. Robotika, Internet of Things (IoT), dan kecerdasan buatan (AI) dapat digunakan untuk mengoperasikan gudang dari awal hingga akhir.

Kesalahan yang lebih rendah juga dapat menyebabkan biaya pengiriman yang lebih rendah, sebagai hasilnya. seperti yang diketahui misalnya, ketika barang-barang telah keliru ditinggalkan dari pesanan, pengiriman baru harus dikirim untuk memperbaiki kelalaian Pada saat yang sama, itu mendorong biaya dan menurunkan kepuasan pelanggan.

Lampu Terang Ke Gudang Gelap

Sebelum munculnya COVID-19, sekitar sepertiga pesanan pengiriman dipenuhi dari toko gelap – jenis lokasi ritel bata-dan-dan-mortir yang semata-mata melayani pembelian online. Distributor perkotaan menjadikan layanan tepat waktu dan keesokan harinya sebagai prioritas karena kepadatan permintaan di daerah metropolitan.

toko gelap adalah sumber daya pengiriman mil terakhir yang berharga bagi konsumen COVID Diperkirakan bahwa toko-toko ini 23% lebih hemat biaya untuk pengiriman di hari yang sama daripada lokasi tradisional.

Beberapa department store independen, seperti salon kecantikan, toko pakaian, dan toko sepatu ditemukan dalam kegelapan karena berada di dekat lokasi pengiriman akhir. Selain itu, distribusi pemenuhan dari vendor darkware membuat segalanya lebih mudah dikelola, yang pada gilirannya mengurangi pelanggan ritel di toko. Menurut CapGemini, jika toko gelap tumbuh sebesar 50%, maka laba bisa meningkat sekitar 7% sebagai akibat dari biaya pengiriman yang lebih rendah dan throughput yang lebih besar.

Transfer Dengan Cara Yang Tidak Mengganggu Keluarga

Keterlambatan waktu pengiriman lainnya termasuk loker di sekitar solusi ritel atau klik-dan-kumpulkan, di mana banyak paket dapat ditangani dalam satu pengiriman. Jika pelanggan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencuci tangan, dan melakukan lebih sedikit kontak tangan ke mata, kecemasan mereka akan berkurang.

Juga harus ada perhatian yang diberikan untuk dicatat bahwa teknologi ini tidak boleh digunakan pada akhir rantai, yang membahas “tantangan mil terakhir” memanfaatkan potensi penuh pengiriman adalah tentang menciptakan strategi terintegrasi dan berbasis data Anda harus memiliki visibilitas end-to-end di seluruh rantai pasokan. Ini harus menjadi ekosistem yang sepenuhnya transparan dari bahan baku dan pemasok suku cadang kepada pelanggan dan pengguna akhir sampai ke titik konsumsi akhir.

Peritel dan penyedia logistik dapat menurunkan biaya mereka sambil memberikan layanan baru dan lebih baik melalui investasi dalam proses rantai pasokan mereka dan eksplorasi opsi pengiriman baru. Ini akan menghasilkan hasil jangka panjang yang lebih baik serta peningkatan loyalitas pelanggan.