Your browser does not support JavaScript!

Cara Kerja Mereka: Panduan Utama untuk Plugin WordPress

By Djalu Putranto - August 02, 2022

Cara Kerja Mereka Panduan Utama untuk Plugin WordPress

WordPress mendukung jutaan situs web, termasuk semuanya, mulai dari blog hingga portal rumit dan situs web bisnis. Pada kenyataannya, sistem manajemen konten sumber terbuka digunakan untuk membuat 40,2% dari semua situs web (CMS).

Keberhasilan platform didorong oleh kenyamanan dan kemampuan beradaptasi yang digabungkan. WordPress menawarkan fitur dasar sehingga setiap pengguna dapat dengan cepat meluncurkan situs web.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plugin WooCommerce, kami telah menulis artikel menyeluruh tentang mereka di sini: WordPress WooCommerce Plugin: 5 Pilihan Terkuat.

Cara Kerja

Langsung dari kotak, Anda dapat mengunggah dan menyisipkan gambar dan materi lainnya, mengelola dan menjadwalkan konten, menetapkan peran pengguna, membuat posting dan halaman, dan memantau komentar.

Katakanlah Anda menyelesaikan semua itu dan memutuskan untuk terus mengembangkan situs web Anda, mungkin dengan mempersonalisasi halaman login Anda atau menyertakan bukti sosial di artikel dan halaman Anda. WordPress adalah sumber terbuka, sehingga Anda dapat menambah atau mengubah kode sumber untuk menyediakan hampir semua fungsi yang dibutuhkan situs web Anda. Daya tarik fleksibilitas ini untuk pengembang WordPress sangat besar.

Namun, bagaimana jika Anda bukan seorang pengembang dan memiliki sedikit pengalaman pengkodean? Anda dapat menggunakan plugin dalam situasi itu.

Plugin WordPress berfungsi mirip dengan aplikasi seluler. Untuk menambah atau meningkatkan fungsionalitas situs WordPress Anda, Anda dapat mengunduhnya atau membelinya.

Tanpa menulis satu baris kode pun, pengguna WordPress dapat membangun situs web yang kuat dengan bantuan plugin. Plugin adalah komponen penting tentang cara kami membuat dan menggunakan informasi di internet karena sistem manajemen konten terus mendemokratisasikan desain web dan mengurangi ketergantungan kami pada pengembang dan perancang web.

Baca juga: Plugin WooCommerce WordPress Teratas untuk 2022

Artikel ini akan memberi Anda gambaran umum tentang plugin WordPress, termasuk apa itu, bagaimana mereka beroperasi, dan beberapa kegunaan yang paling terkenal.

Bergantung pada fungsinya, plugin mungkin membuat sedikit penyesuaian pada situs web Anda atau perubahan yang signifikan. Misalnya, Anda dapat memasang plugin untuk membuat situs web Anda sepenuhnya multibahasa atau menyertakan tombol berbagi WhatsApp. Atau, jika Anda mengoperasikan toko online, Anda dapat menambahkan plugin untuk membantu gateway pembayaran atau membiarkan pelanggan melakukan reservasi online.

Selain itu, ada plugin yang dapat membantu Anda meningkatkan formulir kontak, membuat bilah geser yang menakjubkan, membuat cadangan situs web Anda jika terjadi kehilangan data, membuat keikutsertaan email menjadi sederhana, dan banyak lagi.

Beberapa plugin mengubah bagian belakang situs web Anda sementara yang lain mengubah bagian depan, membuat perawatan lebih mudah untuk tim Anda. Anda mungkin, misalnya, menggunakan plugin ini untuk memeriksa situs web Anda untuk tautan yang rusak, melakukan pengujian A/B, atau memasukkannya ke mode pemeliharaan.

Operasional Lebih Rinci

Mari kita periksa operasi plugin secara lebih rinci sekarang setelah kita memiliki pengetahuan yang lebih jelas tentang apa itu plugin.

Langkah pertama bagi pengembang plugin yang ingin menggunakan WordPress Plugin API untuk membuat plugin adalah dengan menulis fungsi PHP untuk, misalnya, menghapus komentar yang menyinggung dari situs web mereka. Fungsi add filter() atau add action() kemudian digunakan untuk menghubungkan fungsi tersebut ke peristiwa tertentu, seperti menyimpan komentar ke database WordPress atau memublikasikan postingan.

Bayangkan pemilik situs WordPress menginginkan plugin yang akan menambahkan sebaris teks yang mengatakan “Terima kasih telah membaca!” di bawah setiap pos. Dalam skenario itu, memublikasikan postingan akan menjadi acara yang memulai “Terima kasih telah membaca!” plugin. fungsi, dan peran plugin adalah menambahkan frasa ke posting. Akibatnya, file plugin mereka akan seperti berikut:

Bayangkan Anda adalah pemilik situs web yang ingin memasukkan fitur ini ke dalam situs web Anda. Plugin kemudian perlu ditambahkan ke situs WordPress Anda. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan ini.

Baca juga: Plugin WooCommerce Terbaik dan Wajib Dimiliki