Your browser does not support JavaScript!

Cara Cek Ongkir Pos Indonesia

By Dudek Muljana - April 06, 2023

ilustrasi cara cek ongkir pos

Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan pos terbesar di Indonesia yang melayani pengiriman surat dan paket ke seluruh wilayah di Indonesia dan juga ke berbagai negara. Salah satu layanan yang disediakan oleh Pos Indonesia adalah layanan pengiriman paket. Dalam urutan pengiriman paket Pos Indonesia, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah ongkos kirim yang harus dibayarkan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk cek ongkir layanan Pos Indonesia.

Bagaimana Cara Mudah Cek Ongkir Pos Indonesia?

Ada 5 cara mudah untuk cek ongkir Pos Indonesia, yaitu via aplikasi, situs web, call center, datang langsung ke agen dan melalui website cek tarif online.

Bagaimana Cara Cek Ongkir Melalui Aplikasi Pos Aja?

Cara pertama untuk mengecek ongkir Pos Indonesia dengan mudah melalui handphone yaitu dengan aplikasi Pos Aja. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna handphone Android dan App Store untuk pengguna iOS. Setelah mengunduh aplikasi Pos Aja, Anda dapat melakukan registrasi dan login untuk mengakses semua fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Salah satu fitur yang tersedia adalah fitur untuk mengecek ongkos kirim atau tarif pengiriman.

Setelah masuk ke aplikasi Pos Aja, Anda dapat memilih menu “Cek tarif” yang berada di menu utama. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan informasi berikut:

  • Alamat pengirim
  • Alamat tujuan
  • Jenis kiriman barang (paket/dokumen)
  • Berat kiriman
  • Dimensi dari kiriman barang

Setelah semua data tersebut diisi, Anda dapat menekan tombol “Cek Tarif” untuk mengetahui ongkos kirim. Setelah itu, aplikasi Pos Aja akan secara otomatis menghitung ongkos kirim yang harus Anda bayarkan untuk setiap jenis layanan yang tersedia. Jika Anda ingin mengirim tanaman, baca ketentuan kirim tanaman via Pos Indonesia terlebih dahulu.

Setelah semua informasi terisi, Anda dapat menekan tombol “Cek Tarif” untuk mengetahui ongkos kirim. Aplikasi Pos Aja akan secara otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayarkan untuk setiap jenis layanan yang tersedia di Pos Indonesia, seperti layanan Reguler, Nextday, Sameday, dan lain-lain. Perlu diperhatikan bahwa jenis layanan yang tersedia bergantung pada jenis barang yang dikirimkan serta lokasi pengiriman. Selain mengecek ongkos kirim, pengguna juga dapat menggunakan fitur pelacakan pengiriman Pos Indonesia untuk mengetahui status pengiriman barang atau dokumen yang telah dikirim melalui Pos Indonesia melalui aplikasi ini. Aplikasi Pos Aja memang memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi pengguna untuk mengakses layanan Pos Indonesia melalui handphone mereka.

Bagaimana Cara Cek Ongkir Melalui Situs Web Resmi Pos Indonesia?

Cara kedua untuk mengecek ongkir Pos Indonesia adalah melalui situs web resmi dari Pos Indonesia. Anda dapat mengakses situs web tersebut di www.posindonesia.co.id. Setelah mengakses situs web resmi Pos Indonesia, Anda dapat mencari fitur “Hitung Tarif Pengiriman” pada halam utama website tersebut. Setelah fitur menu tersebut ditemukan, Anda dapat mengisi informasi yang diperlukan seperti asal pengiriman, tujuan pengiriman dan berat kiriman.

Setelah data tersebut diisi, Anda dapat menekan tombol “Cek Tarif” untuk mengetahui estimasi ongkos kirim yang harus dibayar. Namun, untuk cek ongkos kirim yang lebih akurat, Anda dapat mengisi informasi terkait dimensi barang yang dikirimkan serta layanan asuransi jika dibutuhkan pada halaman selanjutnya.

Bagaimana Cara Cek Ongkir Melalui Berbagai Website Cek Tarif?

Cara ketiga untuk mengecek ongkos kirim layanan Pos Indonesia yaitu melalui berbagai website cek tarif yang dapat Anda temukan di internet. Beberapa website tersebut antara lain adalah cekongkir.id, cekresi.com, dan ongkircek.com. Setiap website memiliki tampilan dan cara penggunaan yang berbeda-beda, namun secara umum Anda harus memasukkan data seperti alamat pengirim, alamat tujuan, dan berat barang kiriman Anda. Setelah data tersebut diisi, Anda dapat menekan tombol “Cek Ongkir” atau “Cek Tarif” yang tersedia untuk mengetahui ongkos kirim yang harus dibayar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Cek Ongkir Kargo Semua Ekspedisi” pada website Logisticsbid.com untuk mendapatkan informasi cek ongkir. Keuntungan lain dari menggunakan website Logisticsbid.com yaitu Anda dapat membandingkan ongkos kirim dari beberapa ekspedisi, sehingga dapat memilih ekspedisi yang menawarkan harga terbaik.

Kalkulator Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Bagaimana Cara Cek OngkirMelalui Call Center Pos Indonesia?

Cara lain untuk mengecek ongkos kirim layanan Pos Indonesia adalah melalui Call Center Pos Indonesia. Pos Indonesia menyediakan layanan Call Center yang siap melayani setiap pertanyaan atau permintaan informasi dari para pelanggan. Untuk mengecek ongkos kirim melalui Call Center Pos Indonesia, pelanggan dapat menghubungi nomor Call Center Pos Indonesia di (1500161) atau email di halopos@posindonesia.co.id. Kemudian, Anda akan dihubungkan dengan customer service yang akan membantu memberikan informasi mengenai tarif pengiriman untuk layanan Pos Indonesia.

Customer service akan meminta Anda untuk memberikan informasi seperti alamat pengirim, alamat tujuan, jenis kiriman barang atau dokumen, berat kiriman, dan dimensi kiriman barang. Setelah semua informasi terisi, customer service akan memberikan informasi mengenai ongkos kirim untuk setiap jenis layanan yang tersedia. Anda juga dapat meminta customer service untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai tarif pengiriman yang ditawarkan, termasuk layanan tambahan seperti asuransi pengiriman atau layanan pengiriman dengan waktu yang lebih cepat.

Bagaimana Cara Cek Ongkir di Kantor Pos atau Agen Pos Terdekat?

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek ongkos kirim layanan Pos Indonesia yaitu dengan langsung pergi ke kantor Pos atau agen Pos terdekat. Metode ini merupakan metode yang paling tradisional dan sering digunakan oleh orang-orang yang lebih nyaman untuk melakukan interaksi langsung dengan petugas Pos.

Untuk mengecek ongkos kirim melalui kantor Pos atau agen Pos terdekat, Anda hanya perlu datang ke kantor Pos atau agen Pos terdekat dengan membawa barang atau dokumen yang ingin Anda kirimkan. Kemudian, Anda bisa bertanya langsung kepada petugas Pos mengenai ongkos kirim yang sesuai dengan jenis layanan yang diinginkan. Petugas Pos akan memberikan informasi mengenai ongkos kirim, layanan tambahan seperti asuransi pengiriman dan layanan pengiriman dengan waktu yang lebih cepat, serta biaya tambahan yang mungkin dikenakan. Anda juga dapat meminta petugas Pos untuk memberikan informasi lebih detail mengenai layanan pengiriman yang tersedia dan memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, menggunakan metode ini bisa membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan metode lain yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, mungkin juga akan ada antrean yang cukup panjang di kantor Pos atau agen Pos terdekat, terutama pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan atau hari libur nasional. Sebagai saran, Anda bisa memilih hari atau waktu yang tidak terlalu ramai untuk datang ke kantor Pos atau agen Pos terdekat, sehingga proses pengiriman barang atau dokumen bisa berjalan lebih lancar dan cepat.

Pos Indonesia memiliki jaringan yang sangat luas, hal tersebut termasuk 4.850 kantor cabang dan 20.000 agen Pos yang tersebar di seluruh Indonesia.

Apa Saja yang Bisa Dikirim Lewat Pos?

Pos Indonesia menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman, seperti pengiriman surat, paket/barang, dokumen, dan pengiriman uang, serta layanan lain seperti pembayaran tagihan, perbankan, dan layanan keamanan.

Pos Indonesia menawarkan berbagai layanan pengiriman, baik dalam negeri maupun internasional. Jika Anda ingin menggunakan layanan pengiriman Pos Indonesia, penting untuk memperhatikan ongkos kirim atau tarif pengiriman. Anda dapat melakukan cek ongkir Pos Indonesia dengan mudah melalui beberapa cara, seperti menggunakan aplikasi Pos Aja, situs web resmi Pos Indonesia, berbagai website cek tarif, atau menghubungi call center Pos Indonesia, dan juga datang langsung ke kantor Pos atau agen Pos terdekat.

Cek Ongkir POS