Blokade Terusan Suez Mengancam Hubungan Dagang Vietnam

By Dudek Muljana - MzAgTWFyZXQsIDIwMjE=

Blokade Terusan Suez Mengancam Hubungan Dagang Vietnam

Blokade Terusan Suez yang disebabkan oleh kapal kontainer Taiwan Ever Given dapat menyebabkan beberapa ekspor dan impor Vietnam tertunda. Asosiasi Eksportir dan Produsen Makanan Laut Vietnam Tru Dinh, wakil presiden Vietnam, mengklaim bahwa kerugian bagi importir makanan laut Vietnam akan terus meningkat hingga para eksportir ini bersatu padu karena mereka bertanggung jawab atas logistik, yang menyebabkan kargo datang. di mitra asing nanti (VASEP).

Perdagangan Vietnam dan Eropa

Biaya pengiriman peti kemas sedang meningkat di sejumlah negara karena permintaan perdagangan internasional ”Untuk mempersulit perusahaan ekspor ikan Vietnam, penasihat penyumbatan Suez yakin akan menaikkan biaya pengiriman, klaim pemilik bisnis dan ekonom di kata terakhir. Karena kapal akan melakukan perjalanan di sekitar ujung selatan Afrika, blokade akan meningkatkan waktu pengiriman ekspor Vietnam ke Amerika Serikat dan Eropa setidaknya satu hingga dua minggu.

Maersk, sebuah perusahaan perkapalan, mengatakan bahwa saat ini ada tiga kapal yang terjebak di kanal dan lainnya yang akan tiba pada 28 Maret dengan tambahan dua lagi akan tiba tak lama kemudian, katanya.
Alih-alih menunggu kargo yang ditujukan ke Amerika Serikat untuk diangkut oleh Ever Provided untuk dimuat dan dikirim di sekitar Cape Horn, perusahaan tersebut telah memperpanjang rute lintas samudra dengan mengarahkan kapalnya selama 10-14 hari di Pantai Timur Afrika Selatan.

Seorang juru bicara perusahaan logistik Vietnam mengatakan kepada CNN bahwa penutupan kanal di selatan provinsi Ba Ria-Vung Tau rusak di Vietnam. Jika blokade terus berlanjut, perusahaan elektronik multinasional di Vietnam akan dirugikan karena pengiriman komponen akan tertunda. Menurut Tran Hai, yang menjabat sebagai wakil direktur Badan Perdagangan Luar Negeri, dampak penyumbatan perdagangan Vietnam-Eropa bergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melepas kapal.

Tantangan Bagi Vietnam

Kementerian Perindustrian dan Perdagangan telah mengarahkan kedutaan perdagangan negara di Mesir untuk memberi tahu mereka tentang penyelamatan kapal tersebut. Karena semua volume air yang besar dan jumlah lalu lintas, kapal itu kandas di jalur air tersibuk di dunia pada tanggal 23 Maret. Cuaca telah memburuk sedemikian rupa sehingga kapal menyebabkan pilot otomatis kehilangan arah, yang menyebabkan serangkaian upaya navigasi gagal sebelum akhirnya menghabiskan sumber daya yang terbatas di kapal dan membuat mereka tidak dapat melanjutkan. Enam hari di tanah di Inch memperluas kapal yang pernah ada sekitar pukul 1:30 A.M.M. pada 29 Maret, waktu setempat, setelah terbit saat matahari terbit pada 29 Maret, ada fajar kerusakan longshore express. Inci membuat kapal terapung sebagian lagi dan saat fajar, menurut perusahaan, penyedia layanan kelautan Inggris.