Bisakah Rantai Pasokan Anda Bertahan Melewati Krisis?

By Editor Logisticsbid - MTkgTWFyZXQsIDIwMjE=

Bisa Rantai Pasokan Anda Bertahan Melewati Krisis

Rantai pasokan modern sangat besar, menjangkau seluruh penjuru dunia. Karena permukaan serangan yang lebih luas, bahaya meningkat secara dramatis sebagai akibat dari perluasan ini. Ketika Anda menambahkan pandemi global, kebutuhan untuk mengamankan rantai pasokan menjadi lebih penting.
Ancaman tradisional, seperti efek cyber, terus ada dan berkembang. Bencana alam selalu menjadi tantangan rantai pasokan, tetapi permainan berubah ketika COVID-19 diperkenalkan. Ketidaknyamanan dirasakan oleh semua pelanggan.
Bagaimana kita melindungi diri kita sendiri dari tantangan yang begitu kompleks terhadap cara kita mengonsumsi barang dan jasa? Berikut beberapa saran untuk memastikan rantai pasokan yang aman dan andal.

Tentukan Data yang Akan Menjadi Landasan Kesuksesan Bisnis Anda

Detail apa, jika hilang, yang akan mengganggu kemampuan Anda untuk menghasilkan pendapatan?
Cadangkan data Anda setelah Anda menjawab pertanyaan. Pastikan Anda memiliki cadangan di dalam dan di luar situs, serta rencana untuk memulihkan sistem Anda jika perlu. Baik serangan siber maupun bencana alam dapat dimitigasi dengan menggunakan cadangan data dan prosedur perbaikan sebagai garis perlindungan pertama.

Rantai Pasokan Internal Anda Harus Dipahami Dengan Baik

Jika Anda membaca ini, aman untuk berasumsi bahwa Anda memerlukan beberapa jenis produk atau layanan agar efektif. Tentukan siapa yang penting bagi rantai pasokan Anda dan cari pengganti yang sesuai.
Dalam hal keamanan dunia maya, ada baiknya untuk menanyakan tentang kebersihan dan praktik dunia maya pemasok. Berbisnis dengan bisnis yang dapat bertahan dari kasus perebutan dunia maya tanpa mempengaruhi bisnis Anda sebanyak mungkin.
Temukan pemasok yang dapat diterima di berbagai belahan dunia yang tersebar luas jika terjadi bencana alam. Anda akan mengalami penundaan pengiriman, tetapi Anda akan terus melangkah maju.

Pastikan Sistemnya Aman

Kebersihan cyber dasar sangat membantu dalam mengamankan data Anda dan menjaga stabilitas jaringan.
Otentikasi multi-faktor, hak istimewa terendah, perangkat lunak antivirus, manajemen patch, dan perlindungan batas semuanya mudah disiapkan dan dapat mencegah peretas berulang kali mencoba mendapatkan akses ke jaringan Anda. Sebagai pedoman, berbagai kode pemerintah dan industri, seperti SANS dan NIST, dapat digunakan. Evaluasi dunia maya pihak ketiga adalah pilihan yang baik.
Ada banyak organisasi yang dapat dengan mudah mengevaluasi kebersihan dunia maya Anda dan membuat rekomendasi tentang cara memperbaikinya. Sisihkan dana untuk melaksanakan evaluasi ini setiap tahun. Lebih murah untuk tetap menjadi yang terdepan daripada untuk menebus penjualan yang terlewat.

Karyawan Harus Diberi Pelatihan Dunia Maya

Pekerja Anda akan selalu menjadi lini perlindungan pertama Anda. Selenggarakan pelatihan keamanan dunia maya wajib tahunan setidaknya.
Pelatihan dunia maya dapat dibeli secara online atau disampaikan secara langsung. Carilah organisasi yang dapat dipercaya yang akan memastikan bahwa pelatihan tersebut informatif dan menarik, dan akan menjaga minat para peserta.

Bersiaplah Untuk Skenario Terburuk

Bersiaplah untuk serangan dunia maya, bencana alam, peristiwa politik, dan pandemi global dengan membuat rencana tanggap bencana. Bagian terpenting dari strategi pemulihan bencana adalah mempraktikkannya setidaknya setahun sekali. Untuk menemukan celah dalam strategi Anda, lakukan latihan di atas meja dengan skenario tertulis dan latih reaksi Anda.
Lakukan bagian Anda dengan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan bahwa rantai pasokan Anda seaman dan sedapat mungkin dapat diakses. Akhirnya, lebih murah untuk mempersiapkan daripada memulihkan.