Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Rantai Pemasok

By Dudek Muljana - MTggQXByaWwsIDIwMjE=

Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Rantai Pemasok

Untuk bisnis apa pun yang memindahkan segala bentuk produk, gangguan rantai pasokan tidak dapat dihindari. Tidak akan ada normal baru; sebaliknya, akan ada penyebab baru ketidakstabilan, mulai dari cuaca hingga kebijakan pemerintah hingga kondisi bisnis.

Berharap bahwa Anda tidak akan bisa bersiap untuk setiap gangguan; alih-alih, buat strategi untuk mengatasi gangguan rantai pasokan, apa pun penyebabnya. Ketahanan rantai pasok mengacu pada kemampuan perusahaan dalam merespon dan menyelesaikan masalah sehingga dapat terus memberikan layanan sebaik mungkin kepada pelanggannya. Rantai pasokan yang tangguh dapat didorong hingga batasnya tetapi tidak akan retak. Dan itu memantul kembali, mungkin mengambil bentuk baru sebagai reaksi terhadap gangguan terbaru.

Manajemen risiko dan pendekatan konstruktif adalah langkah pertama dalam mempersiapkan rantai pasokan untuk ketahanan. Tidaklah cukup memiliki rencana cadangan jika terjadi kesalahan. Perusahaan Anda harus mengawasi masa depan untuk melihat apa yang selanjutnya.

Berurusan dengan Gangguan Rantai Pasokan

Bagaimana Anda menjaga stabilitas organisasi menentukan kemampuan organisasi untuk memprediksi gangguan, menanggapi insiden, dan menciptakan ketahanan. Untuk membangun rencana ketahanan, Anda memerlukan staf, prosedur, dan struktur yang tepat.

Persiapkan rantai pasokan untuk berbagai potensi gangguan

Berbagai peristiwa dapat mengganggu operasi normal rantai pasokan Anda, tetapi tidak semuanya memiliki efek yang sama. Cuaca buruk berpotensi menutup seluruh lokasi untuk waktu yang singkat, tetapi pemulihannya bisa cepat. Masalah lain, seperti perang dagang dan tarif, membutuhkan waktu lama untuk berkembang dan penuh dengan kebingungan. Rantai pasokan Anda harus mampu merespons berbagai ancaman.

Cuaca. Bencana alam menjadi perhatian utama perusahaan di Asia Timur dan Pasifik dalam skala global. Pemindaian cepat blog GlobalTranz untuk bulan Januari dan Februari mengungkapkan sekitar setengah lusin cerita musim dingin dari seluruh Amerika Serikat. Ini hanya sedikit contoh dari potensi rantai pasokan Anda terganggu oleh kondisi cuaca dan bencana alam. Jalan mungkin diblokir, pabrik mungkin ditutup, utilitas mungkin hilang, dan pekerja mungkin terjebak akibat badai. Pengadaan dan perutean alternatif, sistem cadangan, dan rencana darurat semuanya akan membantu Anda menghadapi badai apa pun. Untuk mengatasi masalah bencana alam, perusahaan harus bekerja dengan spesialis rantai pasokan seperti Tim Solusi GlobalTranz untuk membuat rencana strategis.

Tarif dan sengketa perdagangan Ancaman tarif sebagai instrumen politik, serta peraturan dan perselisihan perdagangan global, dapat memutus sumber dan pasar, membuat rencana bisnis Anda menjadi merah. Bekerja dengan spesialis rantai pasokan dengan pengalaman global untuk memantau risiko ini dan membangun strategi untuk mengurangi pengaruhnya terhadap perusahaan Anda sangatlah penting.

Ancaman dan penyerangan di internet. Saat Anda membaca ini, bisnis Anda kemungkinan besar sedang diserang dunia maya. Untuk memicu kekacauan besar, orang jahat hanya perlu melakukannya dengan benar sesekali. Beberapa nama besar industri telah dipaksa untuk membayar uang tebusan agar operasi teknis mereka kembali ke jalurnya. Beberapa bisnis telah salah menempatkan kekayaan intelektual atau informasi konsumen dan belum menyadarinya hingga terlambat. Penting untuk mengenali dan melindungi vendor dan kolaborator penting yang mungkin tanpa disadari menjadi vektor serangan.

Pada tahun 2020, total biaya pelanggaran data adalah $ 3,86 juta, dengan akun karyawan yang disusupi menjadi penyebab utama. Kontraktor logistik Anda akan membantu dalam pengembangan rencana solusi untuk memastikan bahwa rantai pasokan Anda tetap beroperasi hingga masalah terselesaikan.

Keterlambatan transportasi dan keterbatasan kapasitas Perubahan permintaan konsumen, cuaca buruk, kekurangan pengemudi, harga bahan bakar, dan berbagai faktor lainnya semuanya bersekongkol untuk mengurangi daya yang tersedia. Karena meningkatnya e-commerce, pengirim paket kecil akan menghadapi “shippageddon” selama musim puncak 2020. Barang yang lebih besar dipaksa keluar dari jaringan parsel, dan pengirim paket dibatasi jumlahnya.

Bermitra dengan penyedia logistik pihak ketiga akan membantu Anda menemukan kapasitas di mana dan kapan Anda membutuhkannya, seperti dengan menggunakan operator paket regional dan memikirkan kembali strategi pengemasan. Banyak pelanggan telah memperoleh manfaat dari bantuan GlobalTranz dalam mengatasi hambatan ini dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Ketidakstabilan harga dan masalah pengadaan adalah dua masalah yang perlu ditangani. Ketika konsumen memindahkan pembelian mereka ke e-commerce dan membeli dengan tarif liburan di awal musim semi, pandemi mendorong harga di banyak produk konsumen. Sistem tersebut tidak siap menghadapi ledakan, yang menaikkan harga transportasi dan menguras tingkat persediaan.

Terlepas dari kenyataan bahwa pandemi tampaknya merupakan bencana alam, gangguan ekonomi jangka panjang belum pernah terjadi sebelumnya. Terlepas dari kenyataan bahwa rantai pasokan membaik, survei terbaru menunjukkan bahwa 57% pengirim menghadapi waktu tunggu yang lebih lama dari pemasok China.

Pandemi menunjukkan betapa rantai pasokan saat ini saling terkait. Virus di China mengganggu produksi mobil Detroit, atau banjir di Thailand menghancurkan sekelompok fasilitas penelitian dan pengembangan. Gangguan yang tiba-tiba dapat menyebabkan harga meroket, atau produk penting menjadi tidak tersedia dengan segala cara.

Untuk mengantisipasi masalah ini, berkolaborasi dengan spesialis rantai pasokan yang dapat membantu Anda menyempurnakan arsitektur jaringan dan mempertahankan pendekatan strategis untuk pengadaan.

Rangkul Ketahanan Organisasi untuk Mengatasi Gangguan Rantai Pasokan

Bagaimana Anda menjaga stabilitas organisasi menentukan kemampuan organisasi untuk memprediksi gangguan, menanggapi insiden, dan menciptakan ketahanan. Webinar ini dipimpin oleh Russ Felker, Chief Technology Officer GlobaTranz, dan dirancang untuk membantu para pemimpin dalam mengembangkan dan memelihara rencana ketahanan organisasi.