Your browser does not support JavaScript!

Aspek Transportasi & Logistik yang Memajukan Kecerdasan AI

By Djalu Putranto - October 31, 2021
Aspek Transportasi Logistik yang Memajukan Kecerdasan AI

Saya mempresentasikan terobosan transformasi AI di Purolator di blog pertama dalam seri transportasi dan logistik AI; blog kedua berfokus pada akselerasi telematika AI yang lebih cerdas dalam manajemen armada. Blog ketiga membahas sensor emosi AI dan dampak pasar komputasi afektif pada industri transportasi dan logistik. Blog keempat membahas pertumbuhan pendapatan AI dan kasus penggunaan pengoptimalan operasional dalam bisnis transportasi dan logistik, serta drone dan dampak ekonominya.

Dampak kecerdasan yang lebih cerdas yang dimasukkan ke dalam rantai nilai manajemen rantai pasokan (SCM), termasuk pengambilan, penyortiran, pengiriman, dan semua operasi penjualan dan layanan pelanggan, dibahas di blog keenam ini. Manusia adalah arsitek strategis, mengatur dinamika ekosistem SCM mereka, menentukan dan mengubah persyaratan operasional secara real time.

Lebih banyak robot, cobot, kendaraan tanpa pengemudi, dan jalan raya sensor IoT yang lebih cerdas akan digabungkan dalam kehidupan kita, menghasilkan denyut waktu nyata yang akan mengubah jutaan pekerjaan di seluruh dunia.

Ini mungkin tampak terlalu mengada-ada. Saya ragu saya akan melihat semua ini bersatu dalam hidup saya. Anak-anak saya, di sisi lain, sangat mungkin untuk melakukannya.

Baca juga: Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Rantai Pasokan

Latar Belakang

Lihatlah sejarah industri kedirgantaraan, yang dimulai pada tahun 1903 ketika Wright bersaudara memamerkan pesawat terbang yang bertenaga dan berkelanjutan. Layanan pesawat penumpang terjadwal pertama di dunia, antara St. Petersburg dan Tampa, Florida, diluncurkan pada tahun 1914. Momen dalam sejarah ini membantu kemajuan penerbangan lintas benua setiap hari.

Kami beralih dari tidak memiliki pesawat terbang di angkasa menjadi memiliki lebih dari 250 maskapai internasional dan lebih dari 5.000 maskapai dengan nomor ICAO resmi hanya dalam 100 tahun.

Mari kita bandingkan ini dengan tingkat perubahan dalam industri logistik pintar drone dan IoT. Apa kekuatan yang menyebabkan pergeseran? Ada empat penggerak utama yang layak disebut. 1) penghapusan hambatan ruang dan waktu 2.) kesempatan untuk tetap berhubungan saat bepergian 3.) Internet of Things, dan 4.) Universalitas internet dan munculnya kemampuan komputasi awan. Akibatnya, semuanya terhubung dengan cara yang lebih cerdas.

Kami berada di tengah-tengah transformasi yang akan membuat pelanggan kami mengantisipasi pengiriman yang lebih cepat, informasi real-time di semua perangkat mereka (ponsel pintar, tablet, dan gadget lainnya), dan fleksibilitas untuk berpindah pemasok sesuai keinginan. Kekuatan pelanggan telah bergeser, memaksa industri logistik untuk mempertimbangkan kembali hampir semuanya.

Digitalisasi industri transportasi dan logistik memungkinkan perusahaan rantai pasokan tidak hanya memiliki visibilitas rantai pasokan yang lebih baik, lalu lintas waktu nyata dan manajemen arus kargo, penyederhanaan dan pengurangan administratif, dan peningkatan efisiensi infrastruktur dan sumber daya yang mahal, tetapi juga membuka peluang baru. menghargai peluang pertumbuhan dan mengurangi keseluruhan jejak karbon transportasi dari ujung ke ujung.

Mantan personel Uber menantang pasar pengiriman barang dengan menciptakan Beacon, menegaskan kembali klaim perusahaan untuk kehadiran tidak hanya di bidang logistik tetapi juga di keuangan ritel. Pengirim mencari barang dan layanan berbasis teknologi yang akan memenuhi permintaan mereka dengan lebih baik, meningkatkan pengalaman mereka, dan menurunkan biaya mereka, menurut Beacon. Ovrsea, perusahaan angkutan udara dan laut digital yang berbasis di Prancis, merintis dengan menawarkan wawasan analitik yang kaya di angkutan laut, angkutan udara, dan angkutan kereta api – memungkinkan visibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh logistik dan jaringan transportasi yang rumit.

Menurut Frost & Sullivan, pasar untuk “Truck-as-a-Service” (TaaS) di Amerika Serikat diperkirakan mencapai $79,4 miliar pada tahun 2025, naik dari $11,2 miliar sekarang.

UBS memperkirakan bahwa sewa gudang tidak lagi menjadi alasan utama di balik pengambilan keputusan dalam buku putih berjudul “Masa Depan Ekonomi Teknologi”. Menurut Prologis, salah satu pemilik gudang logistik teratas dunia (1,7 persen dari PDB global melewati gudang Prologis setiap tahun), pembelian online akan menuntut tiga kali jumlah ruang gudang dibandingkan penjualan ekonomi tradisional.

Pertimbangkan apa yang terjadi selama Covid-19 ketika campuran beralih dari B2B ke B2C, memengaruhi sistem pasokan di seluruh dunia, menyebabkan penundaan pengiriman yang signifikan, peningkatan biaya, dan ketidakbahagiaan konsumen.

Baca juga: 5 Cara Kecerdasan Buatan (AI) Merevolusi Industri Logistik

Dengan jenis transformasi ini, keterjangkauan ekonomi di gudang yang dikendalikan manusia tidak akan lagi layak. Akibatnya, drone menjadi lebih populer, dan cara alternatif untuk transportasi dan logistik menjadi lebih banyak digunakan.

Menurut McKinsey, pada tahun 2030, 80 persen dari semua mobil komersial akan terhubung, memungkinkan pengembangan layanan digital baru. Menurut Boston Consulting Group, penyediaan layanan digital berjaringan akan tumbuh sepuluh kali lipat. Anda tidak dapat mengambil salah satu publikasi SCM besar tanpa melihat AI, drone, robot, atau bahkan makhluk hidup yang disebutkan.

Digitalisasi manajemen transportasi dan logistik memaksa raksasa seperti FedEx, UPS, dan lainnya untuk merespons guna meningkatkan produktivitas, keselamatan, dan profitabilitas operasi mereka. Kemampuan untuk memanfaatkan data dengan alat analitik dan terhubung yang canggih dapat melacak semua aktivitas operator: mulai dari mengelola waktu mengemudi dan berhenti, hingga risiko pengereman dan keselamatan mengemudi, hingga memperkirakan pemeliharaan truk dan ban, dan bahkan manajemen administratif, organisasi bulat, geo truk -lokasi, dan pelacakan pengemasan waktu nyata – wawasan pelacakan waktu nyata tidak terbatas.

Tugas yang paling sulit adalah menyatukan semua sumber data yang beragam menjadi satu data atau pusat pengetahuan. Menguasai berbagi data tanpa integrasi ke semua ekosistem digital dan kaya data adalah tugas yang menantang bagi industri ini. Akibatnya, silsilah data dan layanan pelabelan data juga sangat diminati.

Mengambil kendali atas data memerlukan perolehan, pendokumentasian, dan pengorganisasian data yang diberikan oleh konsumen atau dari sistem, pelanggan, pengemudi, truk, dan sumber lainnya, serta mengetahui cara berbagi wawasan data untuk memberikan layanan yang unggul.

Transformasi digital yang kompleks dalam industri T&L, menurut pengalaman saya, adalah tentang visi, strategi, dan arsitektur, serta menerapkan teknologi baru dan menciptakan peningkatan dan layanan baru. Sangat mudah untuk terjebak di masa lalu dan kehilangan seberapa cepat sektor T&L berubah. Ini adalah waktu yang mendebarkan bagi kru untuk pergi, maafkan permainan kata-kata itu – ini malam Halloween.

Misalnya, XPO Logistics telah menciptakan platform cloud kolaboratif bagi pelanggan pengirim dan pemasok transportasinya untuk berbagi informasi. Dengan menggabungkan pembelajaran mesin dan teknik analitik prediktif, portal ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan arus dan biaya transportasi barang serta memperkirakan permintaan transportasi di masa depan.

JB Hunt telah meluncurkan platform Shipper 360 di Amerika Serikat, yang memungkinkan pengirim mengakses berbagai moda transportasi darat serta data kinerja operator.

Sejak Covid-19, kami telah melihat peningkatan jumlah gudang gelap; gudang gelap adalah gudang yang sepenuhnya otomatis yang dapat menangani inventaris dengan mengikuti perintah sistem. Robot atau peralatan otomatis lainnya dapat memindahkan, menyortir, atau bahkan mengemas barang, menghilangkan kebutuhan akan tenaga kerja manual yang berat. Dengan menggunakan mesin dan robot otomatis, barang dapat dipindahkan ke hampir semua titik di dalam gudang.

Dalam industri transportasi dan logistik, tidak ada negara yang mengalami pergeseran inovasi digital yang lebih besar daripada China. Lihatlah JD-X, lab logistik arsip e-Commerce Alibaba. JD telah mengerjakan berbagai aplikasi yang lebih baik untuk pergerakan dan pemrosesan produk dari drone otonom, robot pengiriman, dan gudang tak berawak atau gelap, yang merupakan fasilitas di mana robot bekerja sendiri dalam gelap, menyelesaikan aktivitas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia.

Otomatisasi logistik adalah tren global yang besar, tetapi taruhannya jauh lebih tinggi di China, di mana populasinya cepat menua dan biaya tenaga kerja meningkat. Jumlah pekerja berusia 16 hingga 59 tahun di China turun lebih dari 5 juta pada tahun 2015, menurut Biro Statistik Nasional. Tuntutan untuk tunjangan yang lebih baik dan kompensasi yang lebih tinggi telah meningkat karena kumpulan tenaga kerja telah menyusut. China telah menaikkan kebijakan satu anak mereka menjadi dua anak untuk mulai mempercepat kebutuhan tenaga kerja untuk menggerakkan ekonomi mereka.

Kesimpulan

Apa pendapat Anda tentang rantai pasokan cerdas yang lengkap, menggunakan AI, drone, pengaktifan tanpa pengemudi, dan gudang gelap jika Anda adalah CEO atau Direktur Dewan perusahaan transportasi dan logistik?

Apakah organisasi Anda siap untuk transisi industri transportasi dan logistik ke realitas cerdas yang sepenuhnya digital dan terhubung dari ujung ke ujung?

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai selain dengan langkah pertama.

Melacak pesaing Anda adalah salah satu cara ampuh untuk tetap terdepan dalam permainan – tetapi jangan menunggu, mungkin perjalanan ke China, atau kunjungan ke gudang robot turbo-charged Amazon, atau membawa sekelompok mahasiswa teknik baru ke perusahaan Anda operasi – dan tanyakan kepada mereka apa yang akan mereka fokuskan untuk mendorong pengalaman terobosan – atau bahkan lebih baik, ambil sepuluh karyawan berpotensi besar Anda dan tarik mereka menjauh dari pekerjaan penuh waktu mereka yang menuntut untuk berpikir keras tentang membayangkan Anda Beri mereka 30 hari untuk mempertimbangkan kembali apa yang orang lain kurang percaya diri untuk diungkapkan.

Anda akan belajar dan tumbuh, dan individu-individu berpotensi tinggi ini akan mendapat suntikan energi baru untuk mendorong perusahaan Anda maju. Perlombaan untuk memodernisasi telah dimulai, dan itu akan berlanjut dengan atau tanpa Anda.

Baca juga: Transporter Umum Cargo Tracking, Ship, Handling