Ahli Rantai Pasokan Membutuhkan Pengetahuan Pengadaan

By Dudek Muljana - MSBNZWksIDIwMjE=

Ahli Rantai Pasokan Membutuhkan Pengetahuan Pengadaan

Pandemi ini menunjukkan bagaimana kapabilitas pengadaan perusahaan dikaitkan dengan ketahanan rantai pasokannya secara keseluruhan. Profesional rantai pasokan harus mengenali kerentanan dan mengembangkan ketahanan ke dalam jaringan pasokan mereka saat perusahaan global pulih dari dampak mengganggu COVID-19.

Menemukan kerentanan rantai pasokan memerlukan pemahaman menyeluruh tentang semua peran rantai pasokan. Tidak semua profesional rantai pasokan memperoleh keahlian dalam pembelian, pengadaan, manajemen bahan, manajemen hubungan pemasok, dan fungsi pengadaan penting lainnya, karena berbagai posisi yang sangat terspesialisasi di sekitar manajemen rantai pasokan.

Keterampilan pengadaan sederhana di antara profesional rantai pasokan tingkat awal, mereka yang kurang memiliki keahlian pengadaan dalam posisi rantai pasokan mereka saat ini, dan pemimpin di bidang pendukung perusahaan akan membantu menciptakan rantai pasokan yang lebih tangguh.

Menentukan Bagian-Bagian Penting

Ketahanan rantai pasokan sangat dipengaruhi oleh pengadaan. Manajer pengadaan mengelola hubungan pemasok dan mencari bahan dan komponen yang memungkinkan pembuatan berlangsung.

“Sebagai hasil dari pandemi, posisi pengadaan dalam ketahanan telah meningkat,” kata Chris Sawchuk, kepala sekolah dan pemimpin praktik penasihat pengadaan global di The Hackett Group. “Ini benar-benar memperhatikan kerentanan dan kapabilitas organisasi. Ada banyak uang yang dimasukkan ke dalam bahaya pasokan sekarang. Kami melakukan laporan tahunan yang menemukan bahwa manajemen risiko pasokan menjadi prioritas nomor dua tahun ini, meskipun faktanya tidak pernah berada di lima besar dalam 15 tahun sebelumnya.”

Staf dengan kemampuan untuk membangun strategi sumber sadar risiko dibutuhkan untuk pengadaan yang tangguh. Sementara sebagian besar program rantai pasokan perguruan tinggi mencakup berbagai keterampilan rantai pasokan seperti sumber, logistik, dan manajemen rantai pasokan, pengetahuan buku teks saja mungkin tidak cukup bagi lulusan baru atau yang akan datang untuk terjun langsung ke peran rantai pasokan baru.

“Ada banyak penekanan pada logistik, pergudangan, dan perencanaan permintaan – dan memang demikian, karena itu adalah elemen kunci dari pendidikan rantai pasokan,” kata Duncan Brock, direktur hubungan pelanggan komunitas Chartered Institute of Procurement and Supply. “Namun, beberapa proyek hanya mencakup sebagian kecil dari aspek komersial pengadaan yang lebih luas. Di masa mendatang, para profesional pengadaan perlu memahami secara menyeluruh cara mencari pasar pasokan untuk alternatif. Keterampilan negosiasi, naluri bisnis, dan penghargaan atas kesuksesan finansial pemasok adalah semua keterampilan.”

Demikian pula, para pemimpin di bidang keuangan, pemasaran, operasi, logistik, dan dukungan pelanggan mungkin tidak terbiasa dengan pengadaan dan bagaimana hal itu memengaruhi departemen mereka sendiri. Jenis silo ini mempersulit pengadaan untuk menyederhanakan prosesnya secara efektif.

“Cawan suci mendapatkan lebih banyak kejelasan, visibilitas, dan konvergensi dari fungsi lain kembali ke pasokan,” kata Sawchuk. “Pemahaman yang lebih baik tentang rantai pasokan memberi sumber daya manusia gagasan yang lebih baik tentang jenis bakat yang dapat mereka cari. Integrasi keuangan dan pasokan membuat perencanaan bisnis menjadi lebih baik. Membawa pasokan ke dalam persiapan permintaan bisa sangat bermanfaat bagi bisnis.”

Pendidikan tambahan dalam pengadaan dapat membantu lulusan baru dan spesialis karier di departemen tambahan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diperlukan untuk menciptakan operasi sourcing yang benar-benar tangguh.

Mengevaluasi Peluang Pendidikan yang Diperluas dalam Pengadaan

Dengan begitu banyak kualifikasi dan program pendidikan berkelanjutan yang dapat dipilih, penting untuk melakukan pekerjaan rumah Anda. Mendaftar ke program yang tidak berhasil dapat menghasilkan sedikit pengalaman praktis.

“Ada beberapa program bagus dan beberapa program buruk,” kata Brock. “Pastikan semuanya mutakhir dan standar internasional yang berlaku. Periksa produk dan studi kasus untuk melihat apakah sudah direvisi dalam dekade terakhir. Temukan kurikulum tingkat awal yang dapat menjadi landasan bagi Anda untuk maju dan menjadi profesional yang terakreditasi penuh seiring kemajuan karier Anda.”

Carilah program pendidikan berkelanjutan yang membahas mata pelajaran berikut sambil mencari pemahaman yang kuat tentang fungsi pengadaan utama:

Administrasi kontrak. Kontrak adalah dokumen yang mengikat secara hukum yang menentukan persyaratan kemitraan organisasi dengan pemasok.

Para profesional pengadaan / pengadaan barang dapat menemukan peluang sumber strategis dengan biaya serendah mungkin dengan mengasah keterampilan pengadaan dan pembelian mereka.

Dalam pengadaan, data dan metrik sangat penting. Kemampuan untuk mengintegrasikan data ke dalam keputusan pengadaan menjadi lebih penting dari sebelumnya karena rantai pasokan terus merangkul transformasi digital.

Pengadaan yang etis dan berkelanjutan. Selama beberapa dekade mendatang, implikasi dari perubahan iklim global hanya akan menjadi lebih jelas, sehingga penting bagi praktisi pengadaan untuk mengenali posisi mereka dalam pengelolaan lingkungan.

Peramalan penawaran dan permintaan. Karena perusahaan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan ketangkasan rantai pasokan, produksi dan persiapan permintaan menjadi semakin terjalin.

Manajemen kebijakan pengadaan. Kebijakan pengadaan berfungsi sebagai panduan referensi bagi praktisi pengadaan, yang memandu mereka tentang cara membuat keputusan terkait pengadaan.

Manajemen hubungan pemasok dan pembandingan pemasok adalah dua istilah yang terkadang digunakan secara bergantian. Rantai pasokan perusahaan diperkuat oleh hubungan pemasok yang kuat. Untuk menilai dampak dari setiap kemitraan pada perencanaan dan operasi pengadaan, profesional pengadaan harus mengenali dasar-dasar pembandingan berbasis data dan analisis kinerja.

Program Sertifikat Pengadaan baru dari Association for Supply Chain Management (ASCM) memberikan pelatihan ketat dalam dasar-dasar pengadaan. Teknik pengadaan, manajemen hubungan pemasok, metrik evaluasi, perjanjian, dan subjek lain dibahas dalam kursus ini.