9 Langkah Membangun Ketangguhan Rantai Pasok

By Bayu Hermawan - MTMgQXByaWwsIDIwMjE=

9 Langkah Membangun Ketangguhan Rantai Pasok

Presiden AS Biden menandatangani Perintah Eksekutif pada 24 Februari, yang berfokus pada membuat rantai pasokan Amerika tangguh. Perintah tersebut menyatakan bahwa rantai pasokan yang tangguh, beragam, dan aman diperlukan untuk memastikan kemakmuran ekonomi dan keamanan nasional. Produksi domestik yang lebih besar, dibangun dalam redundansi, penimbunan yang memadai, dan jaringan digital yang aman dan aman adalah karakteristik rantai pasokan yang tangguh seperti dikutip dalam urutan.

Pesanan memiliki dua komponen. Ada ulasan seratus hari dan ulasan satu tahun. Hasil dari ulasan akan ada laporan yang mengidentifikasi setiap dan semua risiko yang terkait dengan kapasitas manufaktur, keterampilan, risiko sumber tunggal, dan konsentrasi sumber pasokan yang mendalam antara lain. Tinjauan 100 hari mencakup semikonduktor, baterai berkapasitas tinggi, mineral kritis dan bahan tanah langka, farmasi, dan bahan farmasi aktif. Termasuk dalam tinjauan satu tahun adalah industri tambahan ini: basis industri pertahanan, kesehatan masyarakat, teknologi komunikasi, sektor energi, dan basis industri transportasi. Asisten Presiden Bidang Keamanan Nasional (APNSA) dan Asisten Presiden bidang Kebijakan Ekonomi (APEP) akan mengkoordinasikan ulasan yang akan melibatkan sejumlah entitas lain.

Ini melayani perusahaan-perusahaan ini dengan baik untuk menjadi proaktif dengan mengambil sejumlah langkah praktis sebelum pemerintah mulai mengamanatkan mereka untuk melakukannya. Selain secara proaktif menangani mandat peraturan apa pun, langkah-langkah ini akan membantu perusahaan dalam membuat rantai pasokan mereka jauh lebih tangguh. Mari kita periksa ini:

Petakan rantai pasokan multi-tingkat Anda

Bahkan perusahaan yang paling matang dan canggih sering tidak memiliki visibilitas di luar pemasok Tier 1 atau Tier 2 mereka. Risiko sumber tunggal dapat disembunyikan di tingkat yang lebih rendah di luar pandangan polos. Melalui latihan pemetaan multi-tingkat dapat membantu organisasi Anda mengidentifikasi risiko tersembunyi dalam rantai pasokan Anda, misalnya, jenis pemasok polimer tertentu yang melayani beberapa industri dan geografi.

Menilai Dampak Risiko Sumber Tunggal

Memahami persentase portofolio keseluruhan yang terkait dengan satu sumber atau komponen turunan dari sumber tunggal, bersama dengan kontribusi pendapatan, membantu Anda menilai dampak dari apa yang terjadi ketika sumber tunggal tidak lagi tersedia.

Temukan Sumber Alternatif Jika Memungkinkan Dan Praktis

Berkolaborasi dengan dan memandu komunitas pemasok Anda dalam menemukan alternatif potensial untuk pemasok sumber tunggal tingkat bawah. Jika sumber tunggal adalah pemasok Tier 1, buat dan luncurkan peristiwa sumber untuk mengidentifikasi pemasok alternatif. Ketika tidak layak dalam situasi tertentu, seperti ketika pemasok memiliki kekayaan intelektual yang sangat unik, strategi akuisisi potensial harus dievaluasi. Atau membantu pemasok melakukan diversifikasi secara geografis akan membantu mengurangi risiko. Di daerah di mana seluruh industri tergantung pada pemasok kritis, pendekatan kolektif bekerja lebih baik daripada setiap perusahaan untuk dirinya sendiri.

Memantau Pemasok Untuk Risiko

Ledakan di sumber data dan AI bertenaga cloud memungkinkan organisasi untuk memantau basis pemasok untuk risiko yang muncul seperti risiko yudisial, keuangan, dan lingkungan. Pemrosesan bahasa alami dapat diterapkan untuk memanfaatkan sumber berita untuk mengidentifikasi sumber risiko yang lebih baru. Jaringan pembeli dan pemasok yang memanfaatkan data transaksional dapat memperoleh dari kecerdasan masyarakat yang lebih luas untuk menjadi tolok ukur dan membandingkan kinerja pemasok.

Mitigasi Risiko Dengan Desain Berkelanjutan

Di dunia di mana gangguan adalah norma baru, pendekatan episodik untuk desain rantai pasokan tidak lagi berfungsi. Organisasi bergerak dari episodik ke desain berkelanjutan. Teknologi kembar digital dapat sangat membantu dalam mengurangi aliran dari node pemasok yang lebih berisiko untuk menguji ketahanan rantai pasokan dan menilai dampak KPI operasional dan keuangan. Skenario alternatif dapat dievaluasi dan diimplementasikan melalui proses desain berkelanjutan. Model biaya untuk melayani dapat menginformasikan strategi alternatif apa yang masuk akal untuk mengurangi risiko pemasok dan biaya inkremental yang terkait dengan hal yang sama. Lokasi penimbunan strategis dapat ditentukan dan kebijakan inventaris dapat ditetapkan untuk hal yang sama. Kecerdasan algoritmik dapat digunakan untuk menetapkan pemicu untuk menilai pergeseran signifikan dari baseline dan mendorong kebutuhan untuk mendesain ulang rantai pasokan.

Model Dan Terapkan Jaringan Masa Depan

Perintah Eksekutif akan mendorong lebih dekat-shoring manufaktur komponen dan produk penting. Adalah masuk akal untuk mengharapkan pergeseran signifikan di pusat gravitasi jaringan yang ada dengan tingkat fragmentasi yang lebih tinggi dan pemendekan rantai pasokan. Hal ini berimplikasi pada investasi modal, memanfaatkan insentif pemerintah, rute ke pasar, menilai sumber pasokan alternatif, antara lain. Teknologi kembar digital yang disebutkan di atas dapat membantu memodelkan jaringan masa depan dan membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Inisiatif Keberlanjutan Dan Keragaman Turbocharge

Dengan kekhawatiran tentang perubahan iklim dan topik rasisme sistemik yang datang ke depan, pemerintahan Biden juga mendekati Perintah Eksekutif melalui lensa penciptaan lapangan kerja di masyarakat yang kurang terlayani dan mempromosikan lingkungan yang bersih. Ketika upaya yang hampir meningkat, perusahaan perlu melakukan studi jejak karbon untuk memastikan dokumentasi dan laporan tentang perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Proses perekrutan dan pemilihan pemasok harus memperhitungkan target keragaman dan fokus untuk mencapainya. Mendokumentasikan inisiatif keberlanjutan dan keragaman akan sangat penting karena masuk akal untuk mengharapkan pemerintah memberi insentif pada kegiatan ini. Ini juga membantu prioritas ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) perusahaan.

Memperketat Protokol Keamanan Cyber

arena industri yang disorot dalam Perintah Eksekutif dianggap penting dari perspektif Keamanan Nasional, risiko cyber disebut-sebut penting untuk ditangani. Perusahaan di industri tersebut harus memfokuskan upaya pada keamanan sistem audit dan memastikan risiko cyber dimitigasi dan pertahanan yang tepat diberlakukan. Dengan risiko peretas nakal berpotensi membawa seluruh rantai pasokan turun ke lututnya, organisasi harus siap secara memadai dengan langkah-langkah keamanan cyber dan mendokumentasikan langkah-langkah yang diambil terhadap keamanan cyber

Secara Proaktif Terlibat Dengan Lembaga Pemerintah Dan Rekan-Rekan Di Industri

Jika Anda berada di salah satu industri yang terkena dampak, bergandengan tangan dengan rekan-rekan dan pesaing Anda untuk kebaikan bersama industri akan membawa suara kolektif untuk mewakili kepentingan industri. Membangun ketahanan rantai pasokan tidak akan terjadi dalam semalam. Ini akan membutuhkan kolaborasi yang signifikan antara pemerintah dan perusahaan swasta. Sebagai contoh, relokasi massal manufaktur, selain padat modal yang akan menyerukan insentif pemerintah, juga memaparkan kesenjangan keterampilan yang lazim terjadi di industri manufaktur. Dalam industri seperti manufaktur semikonduktor, dengan lebih banyak perusahaan menjadi fabel, ada atrofi yang signifikan dari keterampilan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan manufaktur. Menjadi proaktif akan membantu mempengaruhi regulasi yang akan lebih melayani kebutuhan industri dan masyarakat secara keseluruhan, menjadikannya win-win.

Perintah Eksekutif ini tentu saja merupakan kebutuhan mendesak zaman kita. Ini semakin meningkatkan kritisitas untuk membangun ketahanan dalam rantai pasokan, tidak hanya untuk Amerika, tetapi untuk dunia. Organisasi di industri yang disorot dan seterusnya harus proaktif dalam mengatasi kerentanan rantai pasokan. Ini panggilan untuk investasi dan C-suite harus bersedia dan terbuka untuk mensponsori inisiatif ketahanan rantai pasokan.