Your browser does not support JavaScript!

4 Metode Persiapan Puncak Pandemi Kedua dalam Pengadaan

By Pandu Saputra - July 17, 2021

4 Metode Persiapan Puncak Pandemi Kedua dalam Pengadaan

Selama ada kelangkaan dan infeksi COVID-19, saatnya beralih ke tahap pandemi berikutnya. Ini akan disebut sebagai “puncak kedua.”

COVID-19 terus mendatangkan malapetaka pada rantai pasokan global, dan manajer pengadaan yang mengira pandemi telah berakhir sedang menghadapi encore demi encore.

Dan tidak seperti encore hebat yang biasa kita lihat di konser live dulu.

Keragu-raguan vaksin domestik, inkonsistensi dalam pasokan vaksin global, dan variasi virus semuanya memperlambat ekonomi. Tanda-tanda yang membutuhkan bantuan berlimpah di daerah-daerah di mana ekonomi mendekati normal, menyoroti kesenjangan pasokan di mana permintaan melebihi pasokan. Tidak mengherankan bahwa daftar kekurangan meningkat, mengingat kekurangan pengemudi truk dan kemacetan pelabuhan, serangan ransomware, turbulensi geopolitik, dan darurat iklim.

Para profesional pengadaan mengalami masa sulit dalam 18 bulan terakhir. Selamat kepada mereka yang mampu menjaga jalur suplai dan mempertahankan bisnisnya tetap bertahan dengan tetap menjaga kepuasan konsumennya. Profesionalisme, daya cipta, dan dedikasi Anda adalah karakteristik dari profesi ini. Selama situasi sulit, kita belajar dan tumbuh.

Saatnya menghadapi fase selanjutnya dari pandemi ini sebelum Anda terlalu nyaman meminum kopi pagi Anda dari cangkir peringatan “I Survived Peak Covid”. Sebut saja itu puncak kedua, dan untuk melewatinya juga membutuhkan usaha yang keras.

Ada empat hal yang dapat Anda lakukan saat ini untuk menempatkan diri Anda dan perusahaan Anda pada posisi terbaik untuk berhasil di babak berikutnya.

Baca juga: Cek Tarif Cargo Logistics Company: 3 Pro Hacks (2021)

Kembali ke Dasar

Saatnya untuk menjauh dari sikap pandemi “apa pun yang diperlukan” dan menuju lebih banyak sistem dan prosedur inti yang memastikan ketahanan jangka panjang perusahaan.

Bekerja dari rumah tanpa pagar pembatas prosedural yang biasa kita antisipasi dan bahkan hargai mungkin tampak fantastis pada saat itu, tetapi hari-hari itu dengan cepat berlalu ketika kita menggali pakaian kerja kita dan kembali ke kantor kita, bersama dengan rutinitas profesional.

Hari-hari pengeluaran karyawan non-pengadaan yang dapat dimengerti dalam keadaan darurat, telah berakhir. Kendalikan pengadaan. Anda dan tim Anda yang bertanggung jawab.

Sementara beberapa bentuk kreativitas dan inovasi dapat digunakan untuk meningkatkan prosedur yang telah melampaui kegunaannya, penting untuk mengingat dasar-dasar bisnis. Kurangi pembelian impulsif dan langsung, berkonsentrasilah pada kinerja pemasok secara keseluruhan, dan patuhi norma hukum dan agensi yang ditetapkan. Atur ulang harapan Anda dan pemasok Anda.

Perhatikan Headline

Pemulihan tidak merata, dan jaringan pasokan domestik dan global masih dalam bahaya.

Perusahaan manufaktur, jasa, dan distribusi dipengaruhi oleh ketidakstabilan harga, kekurangan pasokan, dan kekurangan tenaga kerja. Para ekonom memperkirakan kesulitan ekonomi hingga 2023, serta resesi yang akan datang. Berkonsentrasi pada pasokan komponen penting dan strategi harga sepanjang jangka panjang.

Selanjutnya, tindakan pemerintah yang bertujuan untuk mendomestikasi rantai pasokan penting akan mempengaruhi pasokan global. Dapatkan pegangan tentang dampak tindakan kongres dan eksekutif pada perusahaan Anda, serta data inflasi dari Federal Reserve. Pemasok Anda pasti akan memperhatikan saat mereka merencanakan inisiatif harga mereka untuk tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Jasa Cargo Pengiriman Barang Murah (Update 2021)

Membuat Rencana Pengadaan untuk Pengelolaan Komoditas

Memahami pola pasar dan ekonomi yang dinamis dengan berfokus pada pengelolaan komoditas.

Segala sesuatu mulai dari konstruksi rumah hingga penerbitan buku dipengaruhi oleh biaya kayu yang memecahkan rekor dan kendala pasokan. Beban transportasi dan produk berbasis minyak bumi masih terhimpit oleh harga minyak yang tinggi. Kekurangan global chip komputer menghambat produksi mobil, barang-barang rumah tangga, dan konsol video game. Selain itu, waspadai kelangkaan karet, yang diprediksi akan mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh rantai pasokan.

Di wilayah komoditas Anda, apa lima dampak teratas? Identifikasi mereka, lacak, dan laporkan. Kenali koneksi kunci dan tren pasar. Jadilah pakar komoditas yang dibutuhkan bisnis Anda.

Tinjau Opsi Sumber Strategis Anda

Bahkan pemain poker terbaik akan membuang satu atau dua kartu untuk meningkatkan tangan mereka. Saatnya untuk merombak dek pemasok dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk memenuhi permintaan puncak kedua.

Tes stres yang dilakukan tahun lalu mengungkapkan banyak hal tentang basis pasokan saat ini. Beberapa vendor melakukan pekerjaan yang sangat baik dan akan terus menjadi konstan. Yang lain kurang memuaskan, dan mereka mungkin perlu meningkatkan permainan mereka atau digantikan oleh penyedia yang lebih baik. Beberapa orang mungkin telah meninggal akibat pandemi, dan upaya untuk mencari sumber makanan alternatif mungkin sudah dimulai.

Sekarang adalah saat yang ideal untuk mengevaluasi kembali vendor Anda untuk melihat siapa yang berhasil. Periksa apakah pemasok jalur kritis masih selaras, dan tinjau pemasok lainnya di sektor komoditas tertentu, termasuk penyedia lapis kedua dan penyedia layanan.

Di atas segalanya, perhatikan encore ketiga, yang tidak dapat dihindari. Lanjutkan kerja baikmu.

Baca juga: Cek Ongkir Cargo Pengiriman Barang Tercepat (Update 2021)