10 Tips Meningkatkan Visibilitas Rantai Pasokan

By Editor Logisticsbid - MTkgTWFyZXQsIDIwMjE=

10 Tips Meningkatkan Visibilitas Rantai Pasokan

Dengan meningkatnya persyaratan distribusi e-niaga dan perubahan dalam praktik rantai pasokan, visibilitas menjadi lebih penting dari sebelumnya. Berikut beberapa petunjuk untuk membantu Anda memahami dan mengoptimalkan rantai pasokan ujung ke ujung.

Pertimbangkan Tingkat Visibilitas yang Dapat Diterima

Visibilitas rantai pasokan, pada tingkat yang paling sederhana, mengacu pada mengikuti pergerakan barang setelah barang tersebut dikirim, serta setiap “titik perhentian” di sepanjang jalan menuju distribusi akhir. Melacak dari pemasok ke produsen ke pelanggan, atau merekam seluruh rantai pasokan dari bahan mentah hingga akhir masa pakai produk, adalah contoh tingkat keterpaparan lainnya. Anda harus mencari tahu tingkat keterpaparan yang paling penting bagi Anda berdasarkan produk dan kebutuhan bisnis Anda.

Identifikasi Sumber Ketidaknyamanan

Apakah Anda kesulitan menemukan vendor untuk diajak bekerja sama? Bagaimana dengan stok dan pemenuhan pesanan? Anda dapat mendeskripsikan sumber daya dan pengetahuan yang diperlukan untuk menilai hasil, memecahkan masalah, dan mendorong perubahan dengan menentukan bidang yang paling menantang.

Pikirkan Tentang Tujuan dan Sasaran Strategis Anda

Dengan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tujuan perusahaan, Anda akan membangun rencana untuk mencapai eksposur maksimum. Pastikan persiapan Anda mempertimbangkan kondisi masa depan yang ideal.

Buat Strategi Visibilitas

Bisnis akan gagal jika mereka tidak memiliki faktor visibilitas yang kuat yang diidentifikasi oleh kebutuhan mereka. Memahami batasan dan spesifikasi infrastruktur, serta modal yang tersedia agar dapat melakukan persiapan yang sesuai. Setelah Anda membuat strategi, pastikan untuk mengatur proses otomatis dan manual, pikirkan tentang ancaman dan strategi mitigasi yang konstruktif, dan tingkatkan visibilitas dan eksekusi.

Memperhitungkan Dampaknya Terhadap Arus Kas Anda

Pada tahun 2020, bisnis akan menghadapi masalah arus kas yang tak tertandingi. Visibilitas rantai pasokan akan membantu menyelesaikan banyak masalah dan memberi Anda keunggulan kompetitif. Gunakan data untuk mendapatkan wawasan tentang keakuratan dan ketepatan waktu pembayaran, serta untuk membantu prakiraan keuangan penting dan visibilitas kesalahan apa pun sehingga Anda dapat memperbaikinya sebelumnya.

Buatlah Pilihan yang Terdidik

Karena kompleksitas jaringan dan sifat industri yang selalu berubah, visibilitas waktu nyata sangat penting. Banyak platform visibilitas menyediakan satu sumber data terpusat yang terus diperbarui. Program ini, yang seringkali mendukung AI, akan bekerja untuk mempelajari perusahaan Anda, memprediksi hasil di masa depan, dan membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti.

Bekerja Dengan Cepat dan Efektif

Pastikan perusahaan siap memanfaatkan tren dan peluang yang muncul. Untuk mewujudkan rencana ini, pastikan Anda memiliki alat dan motif yang tepat.

Meningkatkan Visibilitas Konsumen

Visibilitas waktu nyata akan membantu bisnis mengikuti permintaan konsumen yang terus meningkat. Departemen logistik internal dapat membantu menangani tantangan dan memastikan bahwa persediaan dikirim tepat waktu dengan visibilitas. Tingkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dengan terus memberi informasi kepada pelanggan mulai dari pengiriman hingga pengiriman.

Jadikan Eksposur Sebagai Sumber Pendapatan

Visibilitas memerlukan investasi awal dalam perangkat lunak dan teknologi otomasi lainnya, serta investasi waktu. Investasikan dengan mengetahui bahwa mendapatkan tingkat eksposur ini akan membuahkan hasil secara finansial.

Perangkat Lunak dan Teknologi Harus Dievaluasi Secara Teratur

Bekerja secara teratur untuk mengikuti perkembangan teknologi baru yang dapat memperluas atau melengkapi eksposur dapat membantu Anda tetap menjadi yang terbaik di kelasnya. Aplikasi dan teknologi yang diperbarui, serta area otomasi lainnya, dapat digunakan untuk meningkatkan operasi dan proses