10 Tips Meningkatkan Kepuasan Pengalaman Pelanggan

By Dudek Muljana - MTUgQXByaWwsIDIwMjE=

10 Tips Meningkatkan Kepuasan Pengalaman Pelanggan

Karena pengalaman pelanggan Anda adalah titik kontak utama antara Anda dan klien Anda, itu bisa berarti perbedaan antara kesuksesan jangka pendek dan keberlanjutan bisnis yang sebenarnya.

1. Memberikan Layanan Adalah Kewajiban

Tanyakan di mana Anda bisa berubah dengan memperhatikan pengalaman pelanggan Anda. Kumpulkan masukan dari tim Anda dan buat kursus pelatihan dan pengembangan bulanan untuk mereka. Untuk menekankan pengalaman pelanggan yang mendetail, berikan beberapa tip layanan pelanggan khusus tentang mendengarkan secara aktif dan penyelesaian perselisihan.

2. Prioritaskan Mereka

Pertimbangkan ini: tujuh dari sepuluh orang Amerika menyatakan bahwa mereka telah membayar lebih banyak uang untuk berbisnis dengan perusahaan yang menyediakan layanan terbaik. Tidak ada cara yang lebih baik untuk membuat pelanggan merasa penting selain dengan layanan kuno yang baik. The Ritz-Carlton Hotel, misalnya, mengizinkan stafnya membelanjakan hingga $ 2.000 untuk layanan pelanggan tanpa izin dari manajer mereka. Sikap tanpa pertanyaan ini memprioritaskan pelanggan dan membuat pekerja tetap fokus pada tujuan akhir mereka: menyenangkan pelanggan.

3. Manfaatkan Teknologi

Langit adalah batas dalam menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Pertimbangkan bagaimana teknologi dapat membuat transaksi sehari-hari pelanggan Anda lebih mudah dan lebih aman. Portal pelanggan, misalnya, adalah lokasi terpusat di mana pelanggan dapat melihat harga dan status pesanan, serta membayar faktur secara real time. Dengan menumbuhkan kepercayaan antara Anda dan pelanggan Anda, keterbukaan ini berkontribusi pada pengembangan hubungan yang sebenarnya.

4. Proaktif Membantu Klien

Buat alat dan konten untuk pelanggan Anda. Untuk memberi pelanggan keberanian untuk datang kepada Anda untuk mendapatkan jawaban, tunjukkan diri Anda sebagai ahli materi pelajaran. Tujuan akhir dari konten ini adalah untuk memberi tahu pembaca tentang bagaimana karya Anda membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari.

5. Siap Sedia Bagi Pelanggan

Keterampilan terbaik adalah kemampuan untuk tersedia. Ketika seorang pelanggan menelepon Anda, biasanya itu karena mereka memiliki masalah dan yakin Anda bisa menyelesaikannya. Mereka akan mencari orang lain untuk memperbaiki dilema mereka jika mereka tidak dapat menemukan Anda.

6. Berdebat Tidak Pernah Membuahkan Hasil

Berdebat dengan pelanggan yang sudah kesal adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Alih-alih, berusahalah untuk memahami mengapa pelanggan kesal dan berkolaborasi dengan mereka untuk menemukan solusi.

7. Bersikaplah Fleksibel Saat Dihadapkan pada Keadaan Baru

“Ini seperti sekotak coklat dalam hal layanan pelanggan; Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda dapatkan.” Karena orang dan sikap mereka berbeda, hari-hari layanan pelanggan tidak pernah sama. Selalu waspada terhadap situasi baru dan bersiaplah untuk beradaptasi dengan cepat.

8. Akui Bahwa Anda tidak Selalu Tahu Harus Berkata Apa

Meskipun mungkin memalukan ketika pelanggan tahu lebih banyak daripada perwakilan layanan pelanggan Anda, merasa bingung ketika mencoba menyembunyikan kurangnya pengetahuan dapat merugikan bisnis Anda. Dorong penjual untuk mengaku ketika mereka tidak tahu apa-apa dan tawarkan untuk memeriksanya.

9. Layanan Pelanggan Adalah Tanggung Jawab

Menurut Bill Gates, “pelanggan Anda yang paling kecewa adalah sumber pembelajaran terbesar Anda.” Untuk mencapai kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, setiap organisasi harus mengedepankan upaya terbaiknya di setiap tingkatan. Dukungan lintas departemen harus selalu tersedia.

10. Tepati Janji Anda

Adalah tepat untuk mengambil kerugian jangka pendek dengan harapan mendapatkan kepercayaan pelanggan dalam jangka panjang. Pelanggan yang mempercayai Anda akan melihat transaksi Anda sebagai hubungan dan Anda sebagai perpanjangan penting dari bisnis mereka.
More about kare