1 Tahun Supply Chain Dalam Pandemi

By Rica Prasetio - MjMgTWFyZXQsIDIwMjE=

1 Tahun Supply Chain Dalam Pandemi

Jadi, sudah setahun. Sudah tepat setahun sejak Inggris mengumumkan penguncian COVID-19 pertamanya, dan negara itu sebagian besar telah beradaptasi dengan kehidupan di dalam ruangan, dengan pengecualian beberapa kantong jarak sosial yang mudah di musim panas.

Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris, telah menyarankan orang untuk tinggal di rumah, hanya beberapa minggu setelah Italia (9 Maret), Prancis (17 Maret), dan negara-negara besar Eropa lainnya menutup perbatasan mereka dan mengunci dalam upaya untuk menghentikan penyebaran patogen. di seluruh Eropa. Orang-orang menunda kehidupan pribadinya, menunda pernikahan, dan memulai hobi baru seperti membuat roti dan menonton film dokumenter tentang kucing besar dengan kepribadian besar.

Bisnis berjuang untuk memahami seperangkat aturan dan persyaratan baru, seperti cuti, tindakan jarak sosial, dan ritel non-esensial, dan bagaimana mereka terkait dengan operasi sehari-hari dan prospek masa depan. Terlepas dari kenyataan bahwa pabrik-pabrik tertentu terpaksa tutup, rantai pasokan ditingkatkan untuk memenuhi lonjakan pengiriman e-niaga, beradaptasi dengan permintaan volume yang berfluktuasi saat bisnis bergerak atau berputar ke stasis, dan akhirnya, dengan manufaktur dan transportasi berbagai vaksin COVID-19, memainkan peran utama dalam pemulihan global.

Pelajaran Apa Yang Telah Kita Ambil Dari Pandemi?

Spesialis rantai pasokan telah mengulangi dua konsep selama pandemi: ketahanan dan visibilitas. Tekanan langsung virus menjadikan AI, pembelajaran mesin, dan teknologi otomatisasi cerdas lainnya yang harus dimiliki, bukan yang bagus untuk dimiliki.

Akibat pembatalan penerbangan penumpang, ruang angkutan udara yang digunakan untuk terbang bersama wisatawan hampir habis. Pengangkutan laut telah dihentikan karena gejolak pelabuhan China dan dampaknya yang tak terduga, sementara negara-negara yang keluar masuk – belum lagi penarikan Inggris dari UE – terus menimbulkan masalah dengan undang-undang perbatasan yang ambigu dan dokumen yang disusun dengan terburu-buru. Ketahanan sangat penting dalam situasi ini, dan para pemain utama berusaha untuk menyediakannya. European Fulfillment Network DHL, jaringan logistik pan-benua yang bertujuan memerangi ketidakpastian di Eropa, adalah jaringan logistik pan-benua yang diyakini perusahaan akan mendukung perusahaan yang membutuhkan ketahanan rantai pasokan yang lebih besar dan keserbagunaan untuk beradaptasi dengan fluktuasi volume. Di saat ketidakstabilan yang hampir konstan, analisis data dan inovasi SaaS rantai pasokan telah menjadi miliknya sendiri, menawarkan kejelasan dan konsistensi.

Tim pengadaan juga cepat beradaptasi, melampaui dan melampaui tugas biasanya untuk menemukan APD, pembersih, dan perlengkapan keselamatan lainnya. Pertimbangkan bagaimana status mereka berubah sehubungan dengan kekurangan semikonduktor yang terus berlanjut. Dengan waktu tunggu berbulan-bulan dan ketergantungan pada kontinuitas baik dalam rantai pasokan masuk maupun keluar, pembuatan chip adalah salah satu industri yang paling kompetitif dan memakan waktu. Pandemi ini membuat banyak pabrik berada dalam tekanan, dan defisit telah menjadi masalah. Produsen telah menghentikan produksi, dan kendaraan yang meninggalkan pabrik tidak akan memiliki fitur yang bergantung pada chip agar berfungsi. Kekurangan tersebut kini telah menyebar ke sektor lain. Samsung, salah satu produsen dan konsumen chip terbesar di dunia, telah menyatakan bahwa mereka mungkin membatalkan pembaruan berulang untuk handset seluler andalannya tahun ini karena kekurangan tersebut. Pasokan produk-produk ini jelas tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Renesas, salah satu produsen chip terbesar di dunia, baru-baru ini dilanda gempa bumi dan kebakaran pabrik, yang memaksa perusahaan untuk menghentikan produksi selama berbulan-bulan – “satu lagi pengingat akan pentingnya membangun ketahanan,” kata Richard Barnett, CMO Supplyframe dan ahli rantai pasokan semikonduktor berpengalaman. “Produsen otomotif, perusahaan elektronik konsumen, dan bisnis lain yang mengandalkan komponen elektronik untuk memproduksi produk mereka dapat mengurangi risiko kekurangan chip dengan menggunakan bentuk kecerdasan baru yang memberikan wawasan tentang rantai pasokan.”

Rantai Pasokan Sebagai Upaya Pemulihan

Pariwisata, perhotelan, dan industri lain yang telah dirugikan oleh isolasi sosial akan menghadapi jalan yang sulit di depan. Di sisi lain, rantai pasokan sebagian besar berkembang pesat dalam menghadapi kesulitan. Misalnya, XPO Logistics, FedEx, dan UPS semuanya memiliki kuartal rekor dan terus memperluas dan mendiversifikasi layanan mereka. Ini adalah dilema moral apakah mengukur keberhasilan dalam menghadapi pandemi dalam hal neraca dan keuntungan finansial, tetapi stabilitas fiskal menyoroti fakta: rantai pasokan telah menyelesaikan transformasi digital yang diharapkan banyak orang akan memakan waktu satu dekade dalam beberapa bulan, bukan tahun. . Mereka sekarang berada di jalur yang tepat untuk melahirkan dan merespons dalam beberapa kasus saat kita secara tentatif memasuki dunia pasca pandemi.

Pakar rantai pasokan sekarang memimpin upaya pemulihan. Dalam beberapa bulan mendatang, peran mereka dalam kampanye vaksinasi global akan sangat penting dalam memastikan bahwa program imunisasi menjangkau semua negara, tidak hanya mereka yang berkantong tebal dan kemampuan untuk meminjam uang dalam jumlah besar. Kisah tahun yang akan datang belum ditulis, dan setelah tahun sebelumnya, proyeksi dan prakiraan kurang dapat diandalkan daripada sebelumnya. Tapi satu hal yang pasti: evolusi rantai pasokan masih dalam proses, dan dalam waktu satu tahun, ini akan terlihat sangat berbeda.

Pakar rantai pasokan sekarang memimpin upaya pemulihan. Dalam beberapa bulan mendatang, peran mereka dalam kampanye vaksinasi global akan sangat penting dalam memastikan bahwa program imunisasi menjangkau semua negara, tidak hanya mereka yang berkantong tebal dan kemampuan untuk meminjam uang dalam jumlah besar. Kisah tahun yang akan datang belum ditulis, dan setelah tahun sebelumnya, proyeksi dan prakiraan kurang dapat diandalkan daripada sebelumnya. Tapi satu hal yang pasti: evolusi rantai pasokan masih dalam proses, dan dalam waktu satu tahun, ini akan terlihat sangat berbeda.