Portal penyedia informasi terkini mengenai logistik, teknologi, startup, dan infrastruktur di Indonesia dan Asia Tenggara.

background

5 Peran 3PL Terhadap Bisnis E-Commerce

By Editor Logisticsbid Apr 9, 2018

Third-party logistics atau yang biasa disebut dengan 3PL merupakan salah satu solusi bagi para pemilik bisnis e-commerce dalam membantu pertumbuhan bisnis mereka serta memberikan kepuasan bagi para pelanggannya.

Jika Anda memiliki bisnis e-commerce atau berencana mendirikan bisnis e-commerce yang berjalan dengan lancar dan efektif, 3PL bisa menjadi mitra yang baik bagi usaha Anda.

Berikut beberapa cara bagaimana keberadaan 3PL dapat membantu bisnis e-commerce:

  1. Memfasilitasi Kelancaran Bisnis
    Agar sebuah startup dapat berjalan dengan lancar, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga kualitas layanan serta mengontrol biaya dan kecepatan bisnis Anda.Pastinya akan sulit untuk menangani aspek tersebut secara internal, pertimbangkan untuk menggunakan dukungan eksternal. 3PL ternama bisa Anda jadikan partner bisnis karena memiliki sumber daya dan keahlian yang memadai dalam membantu kelancaran operasional startup Anda.
  2. Teknologi yang Ditawarkan
    Salah satu syarat mutlak e-commerce adalah penerapan teknologi pada usaha yang dirintis. Teknologi memberikan Anda kemudahan dalam memenuhi kebutuhan bisnis Anda, seperti informasi
    real-time tentang stok produk, status pesanan, serta fitur tracking pengiriman. Menerapkan teknologi canggih di luar  aktifitas utama bisnis Anda membutuhkan keahlian, sumber daya, dan investasi yang cukup mahal. Namun, 3PL dapat memberikan Anda akses pada teknologi yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan pelanggan.
  3. Meningkatkan Akurasi Pengiriman
    Menangani lonjakan permintaan memerlukan ketelitian yang tinggi. Jika tidak ditangani dengan teliti, hal ini akan berdampak pada akurasi pengiriman. Serupa dengan penerapan teknologi, sistem yang otomatis dan terukur membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Dengan pengalaman dan sistem otomatisasi yang ditawarkan oleh 3PL, Anda bisa meningkatkan akurasi pengiriman tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.
  4. Memberikan Efektivitas Pengiriman
    Konsumen e-commerce menginginkan pengiriman yang cepat dan gratis. Untuk meminimalisir pengeluaran di aspek logistik ini, usahakan untuk memilih 3PL yang menawarkan tarif yang murah namun memiliki layanan yang kompetitif. Teliti juga apabila 3PL tersebut memiliki jaringan distribusi yang luas atau tidak. Dengan jaringan distribusi yang luas, Anda tidak perlu khawatir dengan permintaan konsumen karena barang yang dibeli dapat dikirim dengan cepat dan tepat waktu. Dengan tarif yang murah serta jaringan yang luas, 3PL dapat membantu meningkatkan efektivitas pengeluaran anda dalam hal pengiriman barang.
  5. Mengakomodir Pertumbuhan Bisnis
    Pertumbuhan angka penjualan di bisnis e-commerce sangat fluktuatif dan sulit diprediksi. Anda harus bergerak cepat apabila kebanjiran pesanan atau bahkan saat volume penjualan menurun. Menyimpan stok barang dagangan memerlukan gudang dan staf. Implementasi kebutuhan ini akan memerlukan dana yang besar. Dengan adanya dukungan 3PL, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menyimpan stok barang Anda. 3PL telah menyediakan gudang beserta staf yang mengelola stok barang sekaligus layanan pendukung lainnya seperti pilihan moda transportasi yang beragam. 3PL juga menawarkan fleksibilitas bagi usaha Anda tanpa perlu melakukan pengeluaran yang cukup besar.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Nantikan review-review lainnya mengenai teknologi, startup, dan logistik Asia Tenggara.


Share :

Article you might like