Portal penyedia informasi terkini mengenai logistik, teknologi, startup, dan infrastruktur di Indonesia dan Asia Tenggara.

background

5 Hal yang perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Mitra Fulfillment

By Editor Logisticsbid May 28, 2018

Di era persaingan pasar yang sangat ketat seperti saat ini, perusahaan dapat menggandeng mitra fulfillment untuk kelancaran bisnis mereka. Mitra fulfillment yang tepat dapat menghemat pengeluaran perusahaan, meningkatkan layanan bagi pelanggan, dan memungkinkan pemilik perusahaan untuk tetap fokus dalam tugas utama di bisnis yang mereka jalankan. Seluruh kegiatan rantai pasokan perusahaan akan dikelola oleh mitra fulfillment tersebut.

Benarkah menggandeng mitra fulfillment khusus merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda? Anda berpikir bahwa volume transaksi Anda terlalu rendah? Atau Anda mungkin berpikir bahwa memilih mitra fulfillment yang tepat terlalu memakan banyak waktu? Bagaimana jika mitra fulfillment yang Anda pilih ternyata salah?

Mitra fulfillment yang tepat dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai target. Berikut merupakan 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih mitra fulfillment.

Jaminan Kualitas Layanan
Pastikan bahwa penyedia layanan fulfillment yang akan Anda pilih memiliki kualitas layanan yang baik. Kecepatan pengiriman menjadi salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih.

Teknologi yang Terintegrasi
Penyedia layanan fulfillment yang baik akan menawarkan teknologi yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan Anda. Pastikan bahwa penyedia layanan fulfillment tersebut mampu menyediakan fitur batch order atau order manual jika sewaktu waktu terjadi kerusakan sistem.

Jasa Pengiriman
Mitra fulfillment yang baik akan menawarkan Anda beragam jasa pengiriman ternama seperti UPS, FedEx, dll. Hal ini dimaksudkan demi menghindari adanya keterlambatan pengiriman. Selain itu, mitra fulfillment yang baik juga akan menyediakan akses ke beberapa perusahaan LTL (Less than Load).

Proteksi Barang
Penyedia layanan fulfillment harus menyediakan proteksi barang apabila sewaktu waktu terjadi banjir, kebakaran, pencurian, atau kerusakan saat proses pengiriman barang berlangsung. Anda berhak untuk menanyakan jenis proteksi apa yang mereka tawarkan dan bagaimana proses untuk mengajukan klaim atas barang Anda tersebut.

Metode Pembayaran
Banyak perusahaan yang memilih metode pembayaran mingguan untuk biaya pengiriman mereka. Ada juga yang memilih untuk membayar secara bulanan atau bahkan gabungan dari keduanya. Penyedia layanan fulfillment juga bisa menawarkan pembayaran via kartu kredit atau debit demi kemudahan Anda dalam melakukan pembayaran.


Share :

Article you might like