Portal penyedia informasi terkini mengenai logistik, teknologi, startup, dan infrastruktur di Indonesia dan Asia Tenggara.

background

8 Tantangan Utama Industri Logistik

By Editor Logisticsbid Mar 29, 2018

Banyak tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha di industri logistik saat ini. Tentu saja, hal tersebut akan berpengaruh pada kelangsungan usaha Anda apabila Anda tidak dapat mengatasi tantangan tersebut dengan baik.

Menurut laporan Capgemini, sebuah lembaga konsultan asal Perancis yang sering melakukan riset tentang dunia bisnis & teknologi, menunjukkan bahwa biaya transportasi merupakan daftar teratas yang menjadi perhatian khusus soal industri logistik. Selain itu, poin penting lain yang juga menantang adalah kebutuhan akan inovasi teknologi yang terkendala dengan terbatasnya dana yang dimiliki oleh para pelaku industri logistik.

Berikut merupakan 8 tantangan terbesar bagi industri logistik menurut Capgemini:

  1. Harga Bahan Bakar
    Salah satu poin yang berkontribusi tinggi dalam biaya transportasi adalah soal harga bahan bakar. Harga bahan bakar yang tinggi dikhawatirkan akan berimbas pada naiknya tarif jasa pengangkutan dan mengakibatkan pendapatan yang diterima oleh pengemudi maupun perusahaan mengalami penurunan yang drastis.
  2. Perbaikan Proses Bisnis
    Perbaikan proses bisnis sangatlah penting di era teknologi seperti saat ini. Faktanya perbaikan ini tidak semudah yang dibayangkan, perlu waktu dan proses yang panjang bagi para perusahaan industri logistik untuk memperbaiki proses bisnis mereka.
  3. Peningkatan Kualitas Layanan Pelanggan
    Pelanggan menginginkan transparansi penuh soal proses pengiriman mereka setiap saat. Seiring dengan meningkatnya ekspektasi pelanggan, kualitas layanan pelanggan pun sangat perlu untuk ditingkatkan.
  4. Perekonomian
    Potensi kenaikan harga bahan bakar juga dikhawatirkan akan berdampak pada naiknya angka inflasi. Hal ini tentu saja akan merugikan bagi industri logistik karen jumlah permintaan dipastikan akan menurun.
  5. Jumlah Pengemudi
    Rekrutmen dan mempertahankan kuantitas serta kualitas pengemudi merupakan isu penting meskipun jumlah permintaan menurun.
  6. Regulasi Pemerintah
    Perusahaan logistik harus mematuhi regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, yang terkadang menyulitkan mereka dalam melakukan operasional bisnis mereka.
  7. Isu Lingkungan
    Peraturan Pemerintah daerah maupun pusat yang mengatur tentang pengurangan emisi juga merupakan isu penting yang harus dihadapi pelaku industri logistik
  8. Strategi & Implementasi Teknologi
    Semua pihak mengetahui banyaknya manfaat dari penerapan teknologi di industri ini. Namun yang menjadi perhatian utama adalah soal biaya penerapan teknologi tersebut serta siapa yang akan menerapkannya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tantangan di atas. Salah satunya dengan melakukan sistem outsourcing, baik secara menyeluruh maupun sebagian dalam merekrut pengemudi, staf ahli, dan sistem IT yang diperlukan untuk menekan pengeluaran, memperbaiki rantai pasokan, hingga menciptakan rantai pasokan yang lebih efektif.


Share :

Article you might like