Portal penyedia informasi terkini mengenai logistik, teknologi, dan infrastruktur di Indonesia dan Asia Tenggara.
background

Pelajari Cara Pesan, Review Biaya, Tarif Atau Harga Aplikasi Go Box Dan Deliveree

By Editor Logisticsbid September 26, 2018

Pelajari cara pesan, review biaya, tarif atau harga aplikasi Gobox

Pertarungan sengit berlangsung antara dua perusahaan penyedia jasa logistik berbasis aplikasi di JABODETABEK yang merupakan mitra bisnis bagi para pemilik usaha kecil, menengah, maupun besar.

Untuk mengetahui pengalaman Go Box yang kami alami dan biaya Go Box sebagai salah satu aplikasi pengiriman paling populer di Jakarta saat ini dibandingkan dengan Deliveree, kami telah melakukan percobaan dan menemukan kesimpulan tentang perbandingan Go Box dan Deliveree yang mungkin bermanfaat untuk Anda.  Selamat membaca!

-Editor Logisticsbid  


Sebelum membahas lebih jauh, berikut perbandingan dasar dari Go Box dan Deliveree ini:

UJI COBA PENGIRIMAN

Untuk memulai review Go Box vs Deliveree, berikut rincian tentang uji coba kedua layanan logistik yang kami lakukan pada Jumat sore, pertengahan April 2018.

  • Armada: Mobil box kecil atau van
  • Hari: Jumat
  • Lokasi pengiriman: Bintaro ke Klender
  • Total jarak pengiriman: 32 km
  • Muatan: Kardus-kardus besar berisi perlengkapan kantor
Tahun Berdiri20152015
KepemilikanGo-JekAsia Tenggara
AplikasiIOS, AndroidIOS, Android, Web
Jumlah ArmadaTidak diketahui3.000 di Jabodetabek
Jenis ArmadaPickup, Box, Engkel, BoxCity Car, Van, Pickup, Box,
Engkel Box, Double Engkel,
Double Engkel Long,
Engkel Special, Fuso,
Tronton, Wingbox
TarifPer jarak pengirimanPer jarak pengiriman 
atau harian
Jenis LayananLayanan lengkapLayanan lengkap
Area Layanan12 kotaJabodetabek
Bandung
Surabaya
PembayaranTunai, Go-Pay
Tagihan bulanan
Tunai,
Tagihan bulanan
DukunganTeleponLive chat & email
Situsgo-jek.com/go-boxdeliveree.com
HASIL

Rating Go Box dan Deliveree secara keseluruhan bisa dilihat dari tabel berikut ini:

Armada
Area Layanan
Tarif
Layanan
Aplikasi
Pencarian Pengemudi
Dukungan Pelanggan
Kualitas Pengemudi
Total

19

94

1
ARMADA
Pemenang: Deliveree

review Go Box,Go Box,review deliveree Go Box,persaingan layanan logistik

Deliveree memiliki sangat banyak pilihan armada mencakup ekonomi, van, pickup kecil, box kecil, engkel box, hingga double engkel. Tapi, kami tidak melihat adanya sepeda motor.

Sebaliknya, didalam aplikasi Go Box terdapat pilihan armada yang lebih sedikit mulai dari pickup kecil, box kecil, dan engkel box. Namun, untuk pengiriman barang yang lebih kecil, ada pilihan sepeda motor via Go-Send di aplikasi Go-Jek.

2
AREA LAYANAN
Pemenang: Go Box

review Go Box ,Go Box,review deliveree Go Box ,persaingan layanan logistik

Perbandingan Go Box yang paling jelas tergambar dalam hal area layanan. Hingga review Go Box ini ditulis, Go Box Gojek telah menjangkau 12 wilayah di Indonesia yakni Jabodetabek, Medan, Surabaya, Bali, dan 8 kota besar lainnya. Sedangkan Deliveree hanya memfokuskan operasional layanan mereka di Jabodetabek dan Bandung. Namun, kami mendapat informasi tambahan dari CS Deliveree bahwa Deliveree akan memperluas ataupun melakukan ekspansi layanan mereka di Surabaya pada tahun ini.

3
TARIF
Pemenang: Deliveree
APLIKASIBINTARO-KLENDER (32KM)PEMENANG

 

Deliveree unggul 19% dibandingkan harga Go Box. Untuk dua layanan logistik yang sedang bersaing ketat, kami cukup kaget dengan perbedaan ini. Karena penasaran, kami pun membandingkan tarif Go Box dan Deliveree dari aplikasi Go Box dan Deliveree. Hasilnya, harga keduanya tidak terlalu beda untuk jarak dekat. Namun, semakin jauh jaraknya, semakin murah harga kirim dengan Deliveree dibanding Go Box. Beberapa perbandingan Go Box yang kami lihat juga menyatakan hal serupa, bahwa tarif kirim Deliveree lebih terjangkau dibandingkan dengan tarif Go Box.

4
LAYANAN
Hasil: Imbang

Go Box dan Deliveree meraih hasil imbang di kategori ini karena kedua perusahaan tersebut menawarkan layanan yang hampir serupa.

Berikut perbandingan Go Box dan Deliveree dari segi layanan:

Cepat & DijadwalkanTersediaTersedia
Lokasi TambahanHingga 15
lokasi
Hingga 10
lokasi
Instruksi Tambahan
Untuk Pengemudi
YaYa
Layanan KhususTidak tersedia. Namun, bisa
dinegosiasikan
ke pengemudi dengan
biaya tambahan.
Tersedia di aplikasi.
Bantuan Tenaga TambahanAda, dengan biaya tambahan.Ada, dengan biaya tambahan.
AsuransiAda, dengan biaya tambahan.Gratis hingga 400jt
di program bisnis

Pengalaman menggunakan Go Box Gojek juga berbeda dengan Deliveree ketika ada instruksi tambahan untuk pengemudi. Deliveree memiliki pilihan Bantuan Pengemudi dengan harga tetap jika butuh pengemudi melakukan pekerjaan tambahan. Sementara itu, harga Go Box harus dinegosiasikan langsung dengan pengemudi.

Perbedaan berikutnya, Go Box memiliki pilihan asuransi yang bisa dilihat dengan mudah di aplikasi, dengan beberapa jenis premi dan biaya. Sementara itu, Deliveree menawarkan asuransi hingga 400 juta Rupiah secara gratis di program bisnis mereka. Kami menemukan info ini di website Deliveree.

5
APLIKASI
Pemenang: Deliveree

review Go Box,Go Box,review deliveree Go Box,persaingan layanan logistik

Kedua aplikasi ini mudah digunakan. Namun, kami memilih Deliveree sebagai pemenang karena fitur dan layanan logistik yang ditawarkan sangat fokus untuk pengiriman. Hal ini berbeda dengan Go Box yang menjadi bagian dari aplikasi Go-Jek yang memiliki total 17 layanan, yang kurang sesuai dengan kebutuhan bisnis kami.

Berikut perbandingannya:

 

Jumlah Klik Untuk Memesan1612
Jumlah Halaman Untuk Memesan33
Tersedia DiAndroid, iOSAndroid, iOS, Web
DesainModernModern
Pengegunaan AplikasiMudahMudah
BantuanTeleponLive Chat, Email

 

6
PENCARIAN PENGEMUDI
Pemenang: Deliveree

Untuk mencari pengemudi, Go Box perlu waktu 15 detik untuk menemukan pengemudi dan 10 detik untuk Deliveree. Namun, kami cukup kaget dengan cara pesan Go Boxdimana pengemudi bisa membatalkan pesanan kami hanya beberapa menit setelah pesanan diterima.

Setelah menelepon CS Go Box terkait pembatalan ini, kami diminta untuk memesan kembali di aplikasi. Untuk mendapatkan perbandingan lebih lengkap tentang perbandingan Go Box ini, kami menghubungi CS Deliveree dan bertanya tentang hal yang sama. CS Deliveree menjelaskan bahwa pengemudi tidak dapat membatalkan pesanan. Namun jika hal ini terjadi, kami cukup perlu menghubungi CS, dan CS akan mencari pengemudi baru yang akan terupdate otomatis di aplikasi.

Berikut perbandingannya:

 

Cara Menghubungi CSTeleponLive chat, Email
Waktu Respon3 menit1 menit
Respon CSBaikSangat baik
Jam Kerja CS24 jam setiap hari24 jam setiap hari

 

7
DUKUNGAN PELANGGAN
Pemenang: Deliveree

Kami menghubungi CS kedua layanan untuk membantu pemesanan kami. Waktu tunggu untuk Go Box adalah 3 menit, dan 1 menit untuk Deliveree. Kedua CS sangat ramah dan membantu, tetapi CS Deliveree memberi penjelasan yang lebih detil.

Akses ke CS Deliveree bisa didapat dengan mudah di halaman utama aplikasi. Sementara CS Go Box lebih sulit. Kami perlu beberapa menit untuk mencari kontak CS, dengan memilih tombol “Bantuan” lalu memasukkan informasi “Saya tidak menerima barang pesanan saya”, baru kemudian menemukan hotline CS.

Go Box menyediakan layanan telepon sementara Deliveree menggunakan Live Chat dan Email. Rating Go Box dan Deliveree dari segi layanan CS tergambar di tabel ini.

 

Cara Menghubungi CSTeleponLive chat, Email
Waktu Respon3 menit1 menit
Respon CSBaikSangat baik
Jam Kerja CS24 jam setiap hari24 jam setiap hari

 

8
KUALITAS PENGEMUDI
Pemenang: Deliveree

Deliveree kembali unggul di kategori ini. Pengemudi dari kedua layanan melakukan konfirmasi kepada kami dan bersikap ramah. Pengemudi Go Box sangat ramah dan bahkan sempat bercanda saat memproses pesanan kami. Sementara itu, pengemudi Deliveree terlihat lebih serius. Untuk aspek yang satu ini, kami simpulkan hasilnya adalah imbang.

Namun, jika berbicara soal waktu tiba dan penampilan, Deliveree unggul. Dari penggunaan pengalaman Go Box yang kami terima untuk pengiriman ini, pengemudi Go Box terlambat 20 menit dari jadwal penjemputan, sedangkan pengemudi Deliveree tiba 5 menit lebih awal. Kami sangat mengapresiasi kecepatan dan ketepatan waktu pengemudi Deliveree karena kami tidak perlu menunggu terlalu lama.

Penampilan pengemudi Deliveree juga lebih profesional dengan atribut seragam lengkap. Saat menjemput, pengemudi mengenakan topi, kaos polo, lengkap dengan tanda pengenal ID Deliveree. Pengemudi Go Box tidak mengenakan seragam, hanya memakai celana pendek dan sandal. Walaupun cara pesan Go Box dan Deliveree sama-sama menggunakan aplikasi, kami lebih nyaman dengan pengemudi Deliveree yang berpenampilan profesional.

Berikut perbandingannya:

Sebelum PenjemputanMenghubungi pelanggan untuk konfirmasi.Menghubungi pelanggan untuk konfirmasi.
Ketepatan WaktuTerlambat 20 menit.Tepat waktu.
Saat Di LokasiAktif dan antusias dalam mengerjakan
proses bongkar muat barang.
Aktif dan profesional dalam mengerjakan
proses bongkar muat barang.
KeramahanSangat ramahProfesional
PenampilanTanpa seragam
Tanpa ID card
Celana pendek
Sandal
Seragam
ID card
Celana panjang
Sepatu
BantuanTeleponLive Chat, Email

review Gobox,Gobox,review deliveree Gobox,persaingan layanan logistik

Baca artikel lainnya